Roboguru

Kata-kata yang tepat dalam kramagung (keterangan pengarang) tersebut adalah ...

Pertanyaan

Kata-kata yang tepat dalam kramagung (keterangan pengarang) tersebut adalah ...undefined 

  1. (Amin berdiri sambil bertolak pinggang)undefined 

  2. (Amin bersujud berkali-kali sambil tertawa)undefined 

  3. (Amin bersimpuh memeluk dan menciumi kaki ibunya sambil menangis)undefined 

  4. (Amin menunjuk kakaknya yang berada di sebelahnya)undefined 

Pembahasan Soal:

Teks drama adalah suatu teks cerita yang terdiri dari prolog, dialog, dan epilog yang bertujuan untuk dipentaskan di atas panggung atau biasa disebut teater. Teks drama juga bisa dipentaskan di radio, televisi, dan film. Drama secara luas dapat diartikan sebagai salah satu bentuk sastra yang isinya tentang suatu kehidupan yang disajikan atau dipertunjukkan dalam bentuk gerak.

Kramagung adalah petunjuk atau perilaku yang harus dilakukan oleh tokoh, yang terdiri atas latar (keterangan ruang dan waktu), dan bahasa (yang menggambarkan bagaimana watak tokoh saat memerankannya). Kramagung ditandai dengan tanda kurung ().

Kata-kata yang tepat dalam kramgung (keterangan pengarang) tersebut adalah:

(Amin bersimpuh memeluk dan menciumi kaki ibunya sambil menangis)

Karena sesuai dengan dialog berikut:

Amin: "Ibu, maafkan aku. Aku memang anak yang durhaka, Bu..." (Amin bersimpuh memeluk dan menciumi kaki ibunya sambil menangis)

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam naskah drama, selain kata-kata yang harus diucapkan pemain, ada pula perintah yang harus diikuti pemain dan teknisi teater. Bagaimanakah ciri-ciri perintah tersebut dapat dikenali dalam naskah?

Pembahasan Soal:

Naskah drama merupakan sebuah teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah lalu (akting) yang dipentaskan. 

Salah satu elemen pada naskah drama adalah kramagung. Kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh. Jadi dengan kata lain, kramagung merupakan perintah yang harus diikuti pemain dan teknisi teater. Perintah-perintah tersebut dapat dikenali dalam naskah yang ditulis dalam huruf miring dan di dalam kurung.

Dengan demikian, perintah-perintah tersebut dapat dikenali dalam naskah yang ditulis dalam huruf miring dan di dalam kurung.space 

0

Roboguru

Ishak: Aku akan tetap mencintaimu. Akan tetapi, aku tidak berbuat apa-apa. Satilawati: Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku juga cinta padamu. Akan tetapi, apa maksudmu? Ishak...

Pembahasan Soal:

    Drama merupakan bentuk sastra yang disampaikan melalui dialog para pelaku, termasuk naratornya. Melalui dialog, penonton dapat mengetahui isi cerita, karakter tokoh, permasalahan yang dihadapi, cara berpikir, dan cara mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Singkatnya, secara tersirat, dialog memberi gambaran tentang perilaku atau tindak-tanduk sang tokoh.

    Ekspresi watak tokoh Satilawati dalam penggalan naskah tersebut ditandai dengan kata di dalam kurung dan ucapannya, berdasarkan kutipan: (berontak) Tapi, aku tidak mau. Berdasarkan kata di dalam kurung yaitu kata berontak, pembaca dapat menangkap bagaimana ekspresi watak tokoh Satilawati.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Bacalah kutipan drama berikut! (Di beranda rumah duduk Bapak dan Ibu di sebuah kursi bambu) Bapak : (termenung) Bu, bagaimana menurutmu jika sawah itu ditanami tanaman lain saja? Ibu      : Maksud B...

Pembahasan Soal:

Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah menghela napas. Dalam percakapan tersebut, tokoh Bapak digambarkan sedang dalam kebingungan. Jadi, petunjuk lakuan yang tepat adalah menghela napas yang menunjukkan adanya kebingungan dan beban pikiran. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan tiga elemen terkait penyusunan dialog!

Pembahasan Soal:

Setiap drama memiliki elemen yang terdiri atas tiga jenis yaitu tokoh, wawancang, dan kramagung. Pertama, tokoh yaitu unsur pelaku yang menjadi penggerak cerita dalam drama. Kedua, wawancang adalah dialog atau percakapan yang harus diucapkan para tokoh cerita. Ketiga, kramagung adalah petunjuk teknis tentang perilaku tokoh, waktu, suasana, pentas, suara, keluar masuknya aktor atau aktris, keras lemahnya dialog, dan sebagainya.

Dengan demikian, tiga elemen terkait penyusunan dialog adalah tokoh, wawancang, dan kramagung.space 

0

Roboguru

Berdasarkan penggalan drama di atas berikut yang merupakan dialog dengan kelengkapan petunjuk teknis adalah ....

Pembahasan Soal:

Naskah drama merupakan sebuah teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah lalu (akting) yang dipentaskan. Jadi, drama juga dapat diartikan sebagai karya seni yang dipentaskan.

Unsur-Unsur Drama

  1. Alur, merupakan rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita. Alur drama mencakup bagian-bagian pengenalan cerita, konflik awal, perkembangan konflik, penyelesaian.
  2. Penokohan, merupakan cara pengarang menggambarkan karakter tokoh. Dalam sebuah pementasan drama, tokohlah yang mengambarkan secara langsung naskah drama. Tokoh terbagi dua berdasarkan perannya, yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi sentral cerita dalam pementasan drama. Sedangkan tokoh pembantu merupakan tokoh yang dilibatkan atau dimunculkan untuk mendukung jalan cerita.
  3. Dialog, dalam sebuah dialog terdapat tiga elemen yaitu:
  • Tokoh yaitu pelaku yang mempunyai peran lebih dibandingkan pelaku-pelaku lain, sifatnya bisa protagonis dan antagonis.
  • Wawancang  adalah dialog atau percakapan yang harus diucapkan oleh tokoh cerita.  
  • Kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh.

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka petunjuk laku dalam dialog adalah kramagung yang berisi tindak atau perbuatan yang harus dilakukan tokoh. Dialog dengan kelengkapan petunjuk teknis adalah Saya, saya lihat.. (tak bisa melanjutkan).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved