Roboguru
SD

Kata-kata yang lebih tepat untuk memperbaiki sapaan kepada audien di atas adalah ....

Pertanyaan

Bacalah penggalan teks pidato berikut.


Para hadirin sekalian yang saya hormati,
1) Di pagi yang cerah ini, saya selaku Duta Pariwisata Indonesia turut berbahagia dapat menghadiri acara Pekan Wisata Indonesia, sekaligus merayakan satu tahun dibukanya Objek Wisata Kepulauan Raja Ampat Papua sebagai wisata alam bawah Iaut dengan flora dan fauna bawah air terlengkap di dunia.

2) Indonesia adalah negara yang paling kaya dengan berbagai jenis obyek wisata. Ada wisata sejarah seperti museum-museum yang ada di TMII, wisata edukatif seperti taman pintar dan kebun binatang, wisata budaya seperti berbagai atraksi budaya di Bali, dan wisata keindahan alam yang tersebar hampir di seluruh bumi Indonesia. Salah satu obyek wisata alam yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing adalah yaitu obyek wisata alam Kepulauan Raja Ampat.

3) Di kepulauan Raja Ampat dengan pulau-pulaunya yang masih perawan dan panorama lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Raja Ampat dikenal memiliki kualitas terumbu karang terbaik di dunia serta ribuan jenis ikan karang yang hanya ada di kawasan ini. Daerah ini juga dikenal memiliki pulau dan selat sempit, sehingga sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. lni menjadikan penyelaman di Raja Ampat terasa lebih menantang dan lebih mengasyikkan.space 

Kata-kata yang lebih tepat untuk memperbaiki sapaan kepada audien di atas adalah ....space 

  1. Para hadirin yang saya hormati,space 

  2. Hadirin sekalian yang saya hormati,space 

  3. Sekalian hadirin yang saya hormati,space 

  4. Hadirin yang saya hormati, space 

  5. Hadirin dan hadirot yang saya hormati,space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space  

Pembahasan

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Penulisan teks ceramah harus mengikuti kaidah bahasa Indonesia. Salah satunya menggunakan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Kalimat efektif memiliki ciri-ciri, di antaranya adalah tidak bertele-tele atau berlebihan, susunan kalimat hendaknya singkat, dan bermakna logis.

Kata sapaan pada kutipan pidato di atas tidak tepat karena berlebihan dalam penggunaan kata. Menurut KBBI, kata hadirin bermakna 'semua orang yang hadir'. Oleh karena itu, tidak perlu lagi ditambahkan kata para dan kata sekalian yang juga bermakna banyak.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kata-kata yang lebih tepat untuk memperbaiki sapaan kepada audien di atas adalah Hadirin yang saya hormati.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space  

931

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pada rapat karang taruna di kelurahan, Pak Lurah akan memberikan pengarahan agar acara yang diselenggarakan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik. Sebagai pembawa acara, Ruli mempersilakan Pak Lur...

3rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia