Kata-kata yang bergaris bawah pada teks di atas disebut....

Pertanyaan

Perhatikan bagian drama di bawah ini!


Agra: (Duduk tidak jauh dari Gendis) "Dis, nama kamu kok bagus sih, mengeja nama Gendis itu gimana? (1)

Gendis: “Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya Cuma sama anak Perempuan."

Agra: “Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana. Masak gitu aja marah.(2)

Gendis: “Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya G-E-N-D-I-S dong!”

Agra: Haa...kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. itu kayak pamannya Bobo, haha..."(3)

Teman Agra: (tertawa) (4)space 

Kata-kata yang bergaris bawah pada teks di atas disebut....space 

  1. Kramagungspace 

  2. Wawancangspace 

  3. Epilogspace 

  4. Prologspace 

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Teks drama adalah suatu teks cerita yang dipentaskan di atas panggung atau biasa disebut teater ataupun tidak dipentaskan di atas panggung seperti drama radio, televisi, dan film.

Unsur-unsur drama:

  • Alur, merupakan rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita. Alur drama mencakup bagian-bagian pengenalan cerita, konflik awal, perkembangan konflik, penyelesaian.
  • Penokohan, merupakan cara pengarang menggambarkan karakter tokoh. Dalam sebuah pementasan drama, tokohlah yang mengambarkan secara langsung naskah drama. Tokoh terbagi dua berdasarkan perannya, yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi sentral cerita dalam pementasan drama. Sedangkan tokoh pembantu merupakan tokoh yang dilibatkan atau dimunculkan untuk mendukung jalan cerita.
  • Dialog, dalam sebuah dialog terdapat tiga elemen yaitu:
    - Tokoh yaitu pelaku yang mempunyai peran lebih dibandingkan pelaku-pelaku lain, sifatnya bisa protagonis dan antagonis.
    - Wawancang  adalah dialog atau percakapan yang harus diucapkan oleh tokoh cerita.  
    - Kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh.
  • Latar, adalah keterangan mengenai ruang dan waktu. Penjelasan latar dalam drama dinyatakan dalam petunjuk pementasan. Bagian itu disebut dengan kramagung. Latar juga dapat dinyatakan melalui pecakapan para tokohnya.
  • Bahasa, merupakan media komunikasi antartokoh. Bahasa juga bisa menggambarkan watak tokoh, latar, ataupun peristiwa yang sedang terjadi.

Kata-kata yang bergaris bawah pada teks di atas disebut kramagung. Kata-kata yang bergaris bawah berisi petunjuk perilaku atau tindakan yang harus dilakukan oleh tokoh dalam teks drama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

91

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan naskah drama berikut ! lwan: Teman-teman, ada salah seorang teman kita yang sakit, nih! Masa kita sebagai ternan akrab nggak njenguk. Bayu: Emangnya, siapa yang saklt? Emil: Wah, kamu ...

106

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia