Iklan

Iklan

Pertanyaan

Budi, Reni, dan Bambang bermaksud ke rumah Pak RamIi, gurunya. ... sepakat berangkat Minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan Pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai di rumah Pak Ramli, keadaan sepi. ... pergi pagi sekali. Begitu tutur anak tetangga sebelah rumah Pak RamIi. ... mengatakan bahwa Pak Ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena ... hanya pergi sebentar.space

Kata ganti yang tepat untuk rnelengkapi paragraf tersebut adalah ....

Kata ganti yang tepat untuk rnelengkapi paragraf tersebut adalah ....space

  1. kami; dia; beliau; beliauspace

  2. kami; beliau; beliau; diaspace

  3. mereka; beliau; dia; beliauspace

  4. mereka; dia; beliau; sayaspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Iklan

Pembahasan

Kata ganti (pronomina) adalah kata yang menggantikan kata benda atau kata yang dibendakan. Salah satu jenis kata ganti, yaitu kata ganti orang. Kata ganti orang itu sendiri adalah kata ganti yang mengacu pada orang. Ada beberapa jenis kata ganti orang, yaitu: Kata ganti orang pertama tunggal, contohnya: saya, aku, daku, ku-, -ku . Kata ganti orang pertama jamak, contohnya: kami, kita . Kata ganti orang kedua tunggal, contohnya: engkau, kamu, Anda, dikau, -mu . Kata ganti orang kedua jamak, contohnya: kalian, kamu (sekalian), Anda (sekalian) . Kata ganti orang ketiga tunggal, contohnya: ia, dia, beliau, -nya . Kata ganti orang ketiga jamak, contohnya: mereka, -nya. Berikut ini adalah analisis penggunaan kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas, yaitu: Kalimat kedua yang berbunyi "... sepakat berangkat Minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan Pak Ramli." dapat dilengkapi dengan kata "mereka" yang merupakan pengganti dari kata "Budi, Reni, dan Bambang" pada kalimat pertama. Kalimat keempat yang berbunyi "... pergi pagi sekali." dapat dilengkapi dengan kata "beliau" yang merupakan pengganti dari kata "Pak Ramli" pada kalimat ketiga. Kalimat keenam yang berbunyi "... mengatakan bahwa Pak Ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena ... hanya pergi sebentar." dapat dilengkapi dengan kata "dia" yang merupakan pengganti dari kata "anak tetangga sebelah rumah Pak Ramli" dan kata "beliau" pada kalimat kelima. Berdasarkan analisis di atas, maka kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah mereka, beliau, dia, beliau. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Kata ganti (pronomina) adalah kata yang menggantikan kata benda atau kata yang dibendakan. Salah satu jenis kata ganti, yaitu kata ganti orang.

Kata ganti orang itu sendiri adalah kata ganti yang mengacu pada orang. Ada beberapa jenis kata ganti orang, yaitu:

  1. Kata ganti orang pertama tunggal, contohnya: saya, aku, daku, ku-, -ku.
  2. Kata ganti orang pertama jamak, contohnya: kami, kita.
  3. Kata ganti orang kedua tunggal, contohnya: engkau, kamu, Anda, dikau, -mu.
  4. Kata ganti orang kedua jamak, contohnya: kalian, kamu (sekalian), Anda (sekalian).
  5. Kata ganti orang ketiga tunggal, contohnya: ia, dia, beliau, -nya.
  6. Kata ganti orang ketiga jamak, contohnya: mereka, -nya.

Berikut ini adalah analisis penggunaan kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas, yaitu:

  • Kalimat kedua yang berbunyi "... sepakat berangkat Minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan Pak Ramli." dapat dilengkapi dengan kata "mereka" yang merupakan pengganti dari kata "Budi, Reni, dan Bambang" pada kalimat pertama.
  • Kalimat keempat yang berbunyi "... pergi pagi sekali." dapat dilengkapi dengan kata "beliau" yang merupakan pengganti dari kata "Pak Ramli" pada kalimat ketiga.
  • Kalimat keenam yang berbunyi "... mengatakan bahwa Pak Ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena ... hanya pergi sebentar." dapat dilengkapi dengan kata "dia" yang merupakan pengganti dari kata "anak tetangga sebelah rumah Pak Ramli" dan kata "beliau" pada kalimat kelima.

Berdasarkan analisis di atas, maka kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah mereka, beliau, dia, beliau.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh kata ganti orang ketiga tunggal adalah ….

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia