Roboguru

Karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias adalah pengertian dari teks ulasan ....

Pertanyaan

Karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias adalah pengertian dari teks ulasan ....undefined 

  1. cerpenundefined 

  2. novelundefined 

  3. puisiundefined 

  4. filmundefined 

Pembahasan Soal:

Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya, termasuk karya sastra. Salah satu karya sastra yang dapat diulas yaitu puisi. Puisi adalah karya sastra dengan bahasa  yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias karena pantun terikat dengan irama, rima, serta penyusunan larik dan baitnya.

Maka, karya sastra dengan bahasa  yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias  adalah  teks ulasan puisi.


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tentukan jenis kedua teks ulasan tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah teks yang berisi tanggapan, pemaparan, dan penilaian suatu karya sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi calon pembaca atau seseorang yang telah menikmati karya.

Berikut jenis-jenis teks ulasan:

  1. Teks Ulasan Informatif: bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca, dan berfokus pada kelebihan dan kekurangan suatu karya atau produk.

  2. Teks Ulasan Deskriptif: karya sastra yang dideskripsikan sejelas-jelasnya agar dipahami oleh pembaca.

  3. Teks Ulasan Kritis: kritikan yang bersifat objektif, tidak memihak pada siapapun, dan dapat dijadikan acuan untuk suatu karya atau produk tertentu.

Teks 1 dan 2 kutipan tersebut merupakan teks ulasan deskriptif yang mendeskripsikan karya sastra dengan jelas agar dipahami oleh pembaca.

Dengan demikian, teks 1 dan 2 kutipan tersebut merupakan teks ulasan deskriptif.undefined 

Roboguru

Berdasarkan isinya, kutipan teks tersebut dapat diklasifikasikan sebagai teks ulasan karya berupa ....

Pembahasan Soal:

    Teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian (review) terhadap suatu karya orang lain. Objek yang diulas bisa berupa buku, film, drama, lukisan, dsb.. Dalam teks di atas, objek yang diulas berupa film. Hal itu terlihat pada keseluruhan kalimat dalam teks tersebut yang fokus menjelaskan film.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.
 

Roboguru

Karangan fiktif yang isinya sebagian kehidupan seseorang secara ringkas dengan panjang kurang dari 10.000 kata adalah pengertian dari teks ulasan ....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya, termasuk karya sastra. Salah satu karya sastra yang dapat diulas yaitu cerita pendek (cerpen).  Menurut KBBI, cerpen adalah kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika).

Berdasarkan pengertian cerpen di atas, maka karangan fiktif yang isinya sebagian kehidupan seseorang secara ringkas dengan panjang kurang dari 10.000 kata adalah pengertian dari teks ulasan  cerpen.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Roboguru

Rahwana Berkelana     Pertunjukan teater musikal berjudul "Kelana Warna Rahwana" ini merupakan saduran dari cerita berjudul Rahvayana karya Sujiwo Tejo. Pertunjukan ini disajikan oleh mahasiswa Univ...

Pembahasan Soal:

Teks ulasan tersebut termasuk ke dalam teks ulasan deskriptif. Hal ini disebabkan karya sastra diulas dengan penggambaran yang sjelas-jelasnya agar pembaca dapat dengan mudah memahami  dan seolah ikut merasakan atau melihat langsung karya sastra tersebut. Contohnya terdapat dalam kutipan Tidak hanya tokoh Rahwana dan Dewi Shinta yang bernyanyi, tokoh-tokoh lain juga bernyanyi untuk menghidupkan suasana. Pertunjukan ini sangat menghibur penonton dan membawa penonton terhanyut dalam alur cerita. Selain dialog, ekspresi, dan nyanyian yang dilantunkan, musik pengiring pertunjukan juga sangat menarik. Musik yang disuguhkan sangat mendukung cerita dan mampu membangun suasana-suasana tertentu kepada penonton.undefined 

Roboguru

Jawablah B bila pernyataan benar dan S bila pernyataan salah! (B - S) Mengulas novel menggunakan pendekatan feminis dan sosiologis merupakan contoh teks ulasan kritis.

Pembahasan Soal:

Pernyataan di atas Benar (B). Teks ulasan kritis berisi ulasan suatu karya secara terperinci dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ditulis secara objektif dan kritis bukan berdasar pandangan subyektif dari penulis resensi. Pendekatan feminis dan sosiologis merupa metode penelitian karya sastra.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved