Roboguru
SD

Karbon monoksida merupakan gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Gas ini bersifat racun dan dihasilkan antara lain dari pembakaran yang tidak sempurna pada kendaraan bermotor. Mengapa gas karbon monoksida berbahaya?

Pertanyaan

Karbon monoksida merupakan gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Gas ini bersifat racun dan dihasilkan antara lain dari pembakaran yang tidak sempurna pada kendaraan bermotor.

Mengapa gas karbon monoksida berbahaya?undefined

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Karbon monoksida atau gas undefined adalah gas yang tercipta dari hasil pembakaran bensin, kayu, arang, dan berbagai jenis bahan bakar lainnya. Gas ini juga tidak memiliki warna, rasa, dan bau sehingga sulit sekali dideteksi. Karbon monoksida berbahaya karena karbon monoksida dapat diserap paru-paru dengan mudah dan menggantikan oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Selain itu, karbon monoksida juga lebih mudah berikatan dengan hemoglobin. Saat seseorang menghirup karbon monoksida terlalu banyak, sel darah merah dalam tubuh yang awalnya mengikat oksigen berganti menjadi mengikat karbon monoksida. Ketika jumlah karbon monoksida dalam darah sudah cukup banyak hal ini akan merusak jaringan dalam tubuh yang tidak mendapatkan suplai oksigen dari darah merah. Akibatnya seseorang bisa mengalami kejang bahkan hingga kematian.undefined

657

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Rumus kimia suatu zat menyatakan....

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia