Iklan

Iklan

Pertanyaan

Karbon dioksida dibentuk dalam reaksi berikut, kecuali ....

Karbon dioksida dibentuk dalam reaksi berikut, kecuali ....

  1. fermentasi

  2. pemanasan batu kapur

  3. pernapasan pada manusia

  4. fotosintesis tumbuhan hijau

  5. pembakaran gula

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Pada pilihan yang diberikan di dalam soal : Fermentasi merukan reaksi perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks dalam keadaan anaerob tanpa oksigen.Reaksi ini menggunakan bahan dasar berupa glukosa (gula sederhana)yang akan menghasilkan alkohol, asam laktatdan karbon dioksida Pemanasan batu kapur yangbiasa disebut dengan kalsinasi batu kapur. Reaksi yang terjadi adalah batu kapur (CaCO 3 ) dipanaskan sehingga akanmenghasilkan CaO dan karbon dioksida Pernapasan pada manusia. Reaksi ini terjadi pada sistem respirasi manusia yang bertujuan untuk pengambilan oksigen dan pelepasan karbohidrat serta penggunaan energi yang ada di dalam tubuh. Reaksi inimenghasilkan karbon dioksida, air dan energi. Fotosintesis pada tumbuhan hijau. Reaksi ini terjadi padatumbuhan yang mengandung klorofil yang bertujuan untuk pembentukan energi. Bahan dasar dari reaksi ini berupa karbondioksida, air dan mineral yang akan diubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari. Pembakaran gula. Pada reaksi ini akan terjadinya pelepasan kalor sehingga disebut sebagai reaksi endoderm yang akan menghasilkan karbondioksida dan air. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pada pilihan yang diberikan di dalam soal :

  1. Fermentasi merukan reaksi perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks dalam keadaan anaerob tanpa oksigen. Reaksi ini menggunakan bahan dasar berupa glukosa (gula sederhana) yang akan menghasilkan alkohol, asam laktat dan karbon dioksida
  2. Pemanasan batu kapur yang biasa disebut dengan kalsinasi batu kapur. Reaksi yang terjadi adalah batu kapur (CaCO3) dipanaskan sehingga akan menghasilkan CaO dan karbon dioksida
  3. Pernapasan pada manusia. Reaksi ini terjadi pada sistem respirasi manusia yang bertujuan untuk pengambilan oksigen dan pelepasan karbohidrat serta penggunaan energi yang ada di dalam tubuh. Reaksi ini menghasilkan karbon dioksida, air dan energi.
  4. Fotosintesis pada tumbuhan hijau. Reaksi ini terjadi pada tumbuhan yang mengandung klorofil yang bertujuan untuk pembentukan energi. Bahan dasar dari reaksi ini berupa karbondioksida, air dan mineral yang akan diubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari.
  5. Pembakaran gula. Pada reaksi ini akan terjadinya pelepasan kalor sehingga disebut sebagai reaksi endoderm yang akan menghasilkan karbondioksida dan air.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Tengku Nabila Azzahra Chairunnisa

Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa dalam tubuh tumbuhan ditemukan berbagai macam zat organik seperti protein dan lemak, sedangkan dalam peristiwa fotosintesis hanya dihasilkan karbohidrat?

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia