Roboguru

Karbohidrat yang terdapat dalam secret spermatozoa adalah ...

Pertanyaan

Karbohidrat yang terdapat dalam secret spermatozoa adalah ... 

  1. Fruktosa 

  2. Sukrosa 

  3. Glukosa 

  4. Galaktosa 

  5. Sukrosa 

Pembahasan Soal:

Sel sperma atau spermatozoa adalah sel yang terbentuk dari proses spermatogenesis yang sudah matang dan siap untuk dikeluarkan dari tubuh. Sel sperma memiliki kromosom haploid (n) dan merupakan hasil pematangan dari sel sebelumnya, yaitu spermatid. Spermatozoa terdiri dari kepala sperma dan ekor sperma yang diselubungi membran plasma untuk melindungi sel sperma dari gangguan luar.  Komposisi cairan sperma sebagian besar terdiri dari cairan plasma seminalis, sebagian kecil adalah sperm (sel spermatozoa) dan mucus (lendir). Cairan sperma Sebagian besar terdiri dari protein. Secret spermatozoa mengandung fruktosa, protein dan spermin. Kandungan fruktosa, zat besi diperlukan sebagai makanan sperma dan menunjang kehidupan sperma di dalam kandungan.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa sel sperma dapat menempel pada sel telur?

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Jelaskan kandungan sel sperma dan manfaatnya !

Pembahasan Soal:

Sel sperma dihasilkan dari proses spermatogenesis yang terjadi di alam testis. Sel sperma terdiri atas 3 struktur utama yaitu bagian kepala, bagian tengah (badan) dan bagian ekor. Bagian kepala mengandung nukleus yang diselubungi oleh akrosom. Akrosom mengandung enzim hialorunidase dan proteinase yang membantu sperma menembus sel telur. Di bagian tengah (badan) terdapat sejumlah mitokondria yang berfungsi untuk menyediakan energi (ATP) untuk pergerakan ekor (flagel). Ekor tersusun atas filamen protein yang berfungsi sebagai alat gerak sel sperma.

Jadi, sel sperma mengandung nukleus, mitokondria dan protein.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Organel sel yang berperan dalam pembentukan bagian Y adalah... .

Pembahasan Soal:

Spermatozoa terdiri dari bagian kepala dan ekor. Bagian yang ditunjuk oleh huruf Y merupakan bagian dari kepala spermatozoa yaitu bagian akrosom yaitu selaput sperma yang berfungsi melindungi serta mengeluarkan enzim agar sperma dapat menembus dan membuahi ovum. Akrosom merupakan derivat atau hasil modifikasi dari kompleks Golgi yang terbentuk pada tahap awal spermiogenesis, utamanya terjadi pada fase spermatid. Akrosom ini terdiri dari enzim-enzim protease, di antaranya proakrosin, hyaluronidase, dan phospholipase, yang berperan untuk mencerna membran ovum, sehingga memudahkan spermatozoa untuk melakukan penetrasi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Apakah itu sperma?

Pembahasan Soal:

Spermatozoa atau sel sperma adalah hasil produksi dari testis yang terdiri dari beberapa sel germinal yang sudah matang. Spermatozoa bersama dengan plasma seminalis merupakan komposisi dari cairan yang dikeluarkan pada saat seorang pria mengalami ejakulasi disebut sebagai semen. Bagian-bagian dari sperma terdiri atas kepala, bagian tengah, dan ekor. Bagian kepala terdiri dari nukleus didalamnya membawa materi dan informasi genetik yang akan diwariskan. Bagian tengah terdapat mitokondria yang berperan dalam menghasilkan energi atau ATP. Bagian ekor berperan penting dalam motilitas sperma yang dipengaruhi oleh ATP hasil produksi dari mitokondria.undefined

0

Roboguru

Bagaimanakah struktur dari sperma?

Pembahasan Soal:

Spermatozoa atau sperma adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki yang dikeluarkan bersamaan dengan air mani saat seseorang berejakulasi. Sperma memiliki bentuk oval yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala, midpiece atau leher, dan ekor. Kepala sperma berbentuk lonjong yang mengandung nukleus (inti) atau sistem genetik yang akan diwariskannya. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved