Roboguru

Karakteristik kutipan teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Karakteristik kutipan teks tersebut adalah ....undefined 

  1. teks tersebut menggunakan latar waktuundefined 

  2. teks tersebut menggunakan latar tempatundefined 

  3. teks tersebut menggunakan latar suasanaundefined 

  4. latar tempat tersebut berada di hutanundefined 
     

Pembahasan Soal:

Karakteristik teks tersebut bisa dilihat dari latar yang digunakan pada teks. Latar terbagi menjadi tiga, yaitu latar suasana, latar waktu, dan latar tempat. Latar suasana adalah penggambaran suasana dalam teks, seperti suasana mencekam, bahagia, haru. Latar waktu biasanya memakai kata penanda waktu, seperti di suatu siang, pada malam hari, di sore hari, saat terik. Latar tempat menerangkan tempat atau lokasi yang terdapat pada teks.

Teks di atas menceritakan Kancil yang sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Lantas, ia merasa lapar dan membayangkan betapa nikmatnya memakan mentimun dari ladang di seberang sungai, tapi ia tidak tahu bagaimana caranya menyeberangi sungai. Lalu ia mendapat ide untuk memanggil para buaya dengan mengatakan bahwa ia punya makanan untuk dibagikan. Mendengar itu, Buaya segera berjajar dari tepi sungai satu ke tepi sungai lainnya sehingga membentuk seperti jembatan. Sampailah Kancil ke seberang sungai dengan melompati punggung Buaya satu ke Buaya lainnya. Kancil tertawa dan berterima kasih atas jembatan yang dibuat oleh para Buaya. Para Buaya mengeram dan mengatakan akan memakan si Kancil apabila mereka bertemu kembali.

Tidak terlihat pada teks penanda waktu dan suasana, sehingga latar waktu dan suasana adalah jawaban yang kurang tepat. Latar tempat lebih terlihat pada teks itu. Latar tempat yang ditulis adalah di pinggir hutan (bukan di hutan). Hal itu terbukti dari kalimat "Suatu hari, si Kancil sedang berjalan-jalan di pinggir hutan mencari udara segar. la merasa jengah berada di dalam hutan ....". Sehingga, jawaban yang tepat mengenai karakteristik teks di atas adalah teks tersebut menggunakan latar tempat. Pilihan jawaban berlatar hutan kurang tepat karena dalam kalimat "la merasa jengah berada di dalam hutan yang karena pohon-pohon dan tajuknya menutupi lantai hutan." membuktikan dia tidak berada di dalam hutan, tetapi di pinggir hutan dan berlokasi di sungai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri atau karakteristik dari teks fabel adalah….

Pembahasan Soal:

Teks fabel memiliki karakteristik unik yang bisa membedakan teks tersebut dengan teks yang lain. Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks fabel:

  • Cerita dikarakterisasi oleh hewan yang mengalami permasalahan hidup dan solusi untuk menyelesaikannya seperti manusia.
  • Memiliki pesan moral yang sangat kental dibandingkan dengan jenis cerita narasi-fiksi lainnnya.
  • Tema dari fabel sangat sederhana dan dapat dijumpai di kehidupan sehari-hari (biasanya seputar kehidupan sosial, persahabatan, tanggung jawab, pengkhianatan, kasih sayang, dll)
  • Alur bersifat progresif (maju)
  • Bahasa yang digunakan sederhana (tidak teknis), informal, dan mudah dicerna.
  • Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang diaan (orang ketiga)
  • Terdapat bagian-bagian masalah, seperti intriks (permulaan masalah), klimaks (puncak masalah), dan antiklimaks (masalah menurun), serta koda (pesan moral) sebagaimana umumnya cerita teks berjenis naratif.

Berdasarkan pilihan jawaban di atas, yang bukan merupakan ciri-ciri atau karakteristik dari teks fabel adalah alur bersifat regresif (mundur). Yang merupakan karakteristik teks fabel adalah memiliki alur bersifat progresif (maju).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Semut adalah binatang kecil yang dalam kehidupannya dapat kita contoh, misalnya dalam hal kerjasama atau gotong royong. Pernyataan berikut yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pernyataan di atas merupakan kutipan dari fabel, yaitu salah satu dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utama. Ilustrasi yang menggambarkan semut dalam hal kerjasama atau gotong royong adalah membersihkan taman, membangun masjid, membersihkan selokan, dan sebagainya. Oleh karena itu, pernyataan dalam pilihan  yang sesuai dengan ilustrasi kalimat di atas adalah membersihkan selokan, memperbaiki mushola dan memperbaiki jalan kampung.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Fabel biasanya menceritakan tentang ....

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia. Salah satu ciri fabel adalah tokoh utama berupa hewan.

Fabel memiliki latar tempat berupa alam seperti tempat tinggal hewan.

Jadi, fabel biasanya menceritakan cerita fiksi tentang kehidupan hewan di alam. 

Roboguru

Yang merupakan teks fabel ditunjukan nomor ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, pengertian fabel adalah cerita yang menggambarkan watak serta budi manusia namun pelakunya diperankan binatang. Di dalamnya memiliki pendidikan moral dan budi pekerti. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka.

Maka yang merupakan teks fabel adalah Ronron, kelinci putih yang baik hati menghapus air matanya. dia sangat sedih saat mengetahui sahabatnya sansan sedang sakit dan merindukan dirinya. Teks tersebut menceritakan tokoh yang diperankan binatang kelici putih bernama Ronron.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Ciri cerita fabel adalah ....

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia.

Ciri-ciri fabel:

  1. Tokohnya hewan
  2. Memerankan peran seperti manusia
  3. Latar tempat dan suasananya di alam space
  4. Rangkaian sebab akibat
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved