Iklan

Iklan

Pertanyaan

Karakteristik daerah aliran sungai yang mempengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran adalah

Karakteristik daerah aliran sungai yang mempengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran adalah

  1. panjang

  2. gradien

  3. tutupan lahan

  4. kerapatan alur

  5. bentuk

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jika faktor ditanyakan adalah faktor yang memengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran , maka jawaban yang paling tepat adalah (B) gradien. Karena semakin besar gradiennya, maka waktu konsentrasinya akan semakin kecil.

jika faktor ditanyakan adalah faktor yang memengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran, maka jawaban yang paling tepat adalah (B) gradien. Karena semakin besar gradiennya, maka waktu konsentrasinya akan semakin kecil.

Iklan

Pembahasan

Waktu konsentrasi adalah waktu yang diperlukan oleh titik-titikair untuk mengalir dari tempat hidrolis yang terjauh di daerah alirannya ke suatu titik yang ditinjau (inlet). Untuk menghitung waktu konsentrasi aliran digunakan rumus Kiprich berikut: keterangan: tc = waktu konsentrasi (jam) L = panjang lintasan air dari titik terjauh sampai titik yang ditinjau (km) S = kemiringan rata-rata daerah lintasan air Dari rumus tersebut, kita tahu bahwa dua faktor utama yang memengaruhi waktu konsentrasi aliran sungai yaitu panjang aliran dan gradien (kemiringan lereng). Namun posisi kedua faktor tersebut berbeda, di mana panjang lintasan berbanding lurus dengan waktu konsentrasi , sedangkan gradien berbanding terbalik . Jadi jika faktor ditanyakan adalah faktor yang memengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran , maka jawaban yang paling tepat adalah (B) gradien. Karena semakin besar gradiennya, maka waktu konsentrasinya akan semakin kecil.

Waktu konsentrasi adalah waktu yang diperlukan oleh titik-titik air untuk mengalir dari tempat hidrolis yang terjauh di daerah alirannya ke suatu titik yang ditinjau (inlet). Untuk menghitung waktu konsentrasi aliran digunakan rumus Kiprich berikut:

keterangan:

tc = waktu konsentrasi (jam)

L = panjang lintasan air dari titik terjauh sampai titik yang ditinjau (km)

S = kemiringan rata-rata daerah lintasan air

 

Dari rumus tersebut, kita tahu bahwa dua faktor utama yang memengaruhi waktu konsentrasi aliran sungai yaitu panjang aliran dan gradien (kemiringan lereng). Namun posisi kedua faktor tersebut berbeda, di mana panjang lintasan berbanding lurus dengan waktu konsentrasi, sedangkan gradien berbanding terbalik. Jadi jika faktor ditanyakan adalah faktor yang memengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran, maka jawaban yang paling tepat adalah (B) gradien. Karena semakin besar gradiennya, maka waktu konsentrasinya akan semakin kecil.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karakteristik daerah aliran sungai yang mempengaruhi pendeknya waktu konsentrasi aliran adalah....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia