Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kapan dan bagaimana latar belakang dari peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949?

Kapan dan bagaimana latar belakang dari peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949? space

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Serangan Umum 1 Maret 1949 terjadi pada tanggal 1 Maret 1949 yang dilatarbelakangi oleh Belanda yang menguasai Kota Yogyakarta dalam Agresi Milter Belanda II dan ingin menunjukkan eksistensi RI serta TNI kepada dunia internasional.

Serangan Umum 1 Maret 1949 terjadi pada tanggal 1 Maret 1949 yang dilatarbelakangi oleh Belanda yang menguasai Kota Yogyakarta dalam Agresi Milter Belanda II dan ingin menunjukkan eksistensi RI serta TNI kepada dunia internasional. space

Iklan

Pembahasan

Belanda yang tidak mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB pada Agresi Militer Belanda II membuat TNI yang berada di bawah komando Panglima Besar Jenderal Soedirman memutuskan untuk melakukan serangan dalam rangka mempertahankan Indonesia. Serangan ini dinamakan Serangan Umum 1 Maret 1949. Serangan ini bertujuan untuk membuktikan eksistensi Republik Indonesia dan TNI kepada dunia internasional sekaligus mematahkan propaganda Belanda bahwa RI sudah tidak berdiri lagi. Serangan ini terjadi di Kota Yogyakarta yang menjadi ibu kota negara RI dan sempat dikuasai oleh Belanda pada masa Agresi Militer Belanda II. Serangan umum ini dilakukan di bawah pimpinan Letkol Soeharto. Jadi, Serangan Umum 1 Maret 1949 terjadi pada tanggal 1 Maret 1949 yang dilatarbelakangi oleh Belanda yang menguasai Kota Yogyakarta dalam Agresi Milter Belanda II dan ingin menunjukkan eksistensi RI serta TNI kepada dunia internasional.

Belanda yang tidak mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB pada Agresi Militer Belanda II membuat TNI yang berada di bawah komando Panglima Besar Jenderal Soedirman memutuskan untuk melakukan serangan dalam rangka mempertahankan Indonesia. Serangan ini dinamakan Serangan Umum 1 Maret 1949. Serangan ini bertujuan untuk membuktikan eksistensi Republik Indonesia dan TNI kepada dunia internasional sekaligus mematahkan propaganda Belanda bahwa RI sudah tidak berdiri lagi. Serangan ini terjadi di Kota Yogyakarta yang menjadi ibu kota negara RI dan sempat dikuasai oleh Belanda pada masa Agresi Militer Belanda II. Serangan umum ini dilakukan di bawah pimpinan Letkol Soeharto.

Jadi, Serangan Umum 1 Maret 1949 terjadi pada tanggal 1 Maret 1949 yang dilatarbelakangi oleh Belanda yang menguasai Kota Yogyakarta dalam Agresi Milter Belanda II dan ingin menunjukkan eksistensi RI serta TNI kepada dunia internasional. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa pihak Belanda masih ingin menguasai kembali Indonesia padahal Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaan?

704

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia