Roboguru

Kalimat yang tepat untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah adalah ....

Pertanyaan

Kalimat yang tepat untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah adalah ....space 

  1. Kepada saudara penyaji dipersilahkan membaca makalah.space 

  2. Saudara penyaji silahkan segera membaca makalah.space 

  3. Saudara penyaji, 30 menit waktu yang saya sediakan.space 

  4. Saudara penyaji silahkan membacakan makalah.space 

  5. Saudara penyaji, kami persilahkan membacakan makalah.space 

Pembahasan Soal:

Biasanya, yang mempersilahkan penyaji untuk menyajikan sebuah laporan atau makalah adalah seorang moderator. Dalam mempersilahkan, moderator harus menggunakan bahasa yang santun. Sehingga, kalimat yang tepat untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah adalah "Kepada saudara penyaji dipersilahkan membaca makalah"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Herwinda

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah cara memberi saran yang baik?

Pembahasan Soal:

Saran merupakan pernyataan yang mengungkapkan jalan keluar untuk menyelesaikan sesuatu; pernyataan untuk suatu perbakian. Cara memberi saran yang baik adalah dengan menggunakan kata-kata seperti perlu, sebaiknya, seharusnya.space 

0

Roboguru

Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus dituliskan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut disampaikan dengan cara yang ilmiah. Faktor te...

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisi tanggapan atas peristiwa atau fenomena yang terjadi disertai dengan fakta dan data. Oleh karena itu, faktor yang harus dituliskan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut disampaikan dengan cara yang ilmiah adalah fakta dan data.


Dengan demikian, faktor tersebut adalah fakta dan data.undefined

0

Roboguru

Ketika mengkritik, yang boleh kita lakukan kecuali ...

Pembahasan Soal:

Ketika mengkritik kita boleh menunjukkan kekurangan karya seni atau hal yang menjadi bahan kritikan, menawarkan solusi, dan berupaya untuk tidak menjatuhkan nama baik suatu pihak dengan tidak menggunakan kata yang berkonotasi negatif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Berikut hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam mengemukakan pendapat atau tanggapan adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan adalah teks yang berisi komentar atau evaluasi tentang suatu hal.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengemukakan pendapat atau tanggapan yaitu tanggapan yang dikemukakan harus berhubungan atau sesuai dengan topik, menggunakan kalimat yang mudah dipahami, tidak boleh menyinggung atau mengejek orang lain dalam mengemukakan pendapat, dan tanggapan harus disertai alasan yang logis.
Dengan demikian, hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam mengemukakan pendapat atau tanggapan adalah tanggapan dikemukakan dalam uraian yang lebar.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan tanggapan yang santun?

Pembahasan Soal:

Santun, atau secara lengkap disebut sopan santun adalah berkata serta tingkah laku yang baik dan halus, tidak menyakiti perasaan. Sopan santun adalah tingkah dasar yang sangat diperlukan dalam melakukan interaksi sosial antar sesama. Tingkah sopan santun memberikan rasa nyaman, tenang dan kebahagiaan bagi orang yang sedang diajak interaksi. Mereka akan cenderung merasa senang apabila diajak berinteraksi oleh orang yang memiliki sikap sopan santun. Orang lain juga akan lebih menghargai mereka yang bersikap sopan santun.

Di era yang serba digital seperti sekarang, bentuk sopan santun tidak bisa dengan mudah dilihat oleh mata karena kecenderungan penggunaan alat-alat digital seperti handphone. Orang lebih cenderung menggunakan teks dalam berinteraksi. Adanya interaksi jarak jauh melalui telefon juga mempersempit ruang ekspresi bersopan-santun karena sopan santun pada dasarnya bisa diperlihatkan bukan hanya melalui perkataan namun juga tingkah laku. Meskipun begitu, kesopan santunan tetap bisa diperlihatkan melalui pemilihan-pemilihan kata yang baik saat membalas teks dari saudara dan kerabat, menghindari perkataan-perkataan yang memancing rasa sakit hati saat berinteraksi dalam media sosial serta penggunaan nada yang lembut serta bahasa yang baik pada saat berkomunikasi.

Memberi tanggapan dengan santun adalah menanggapi suatu hal dengan sikap yang hangat, bersahabat, tidak memprovokasi dan menggunakan tutur kata yang baik supaya tidak menyakiti perasaan dari pihak yang sedang diajak interaksi. Sebagai contoh, ketika menanggapi sebuah karya seni yang tidak begitu bagus, sikap sopan santun yang diperlihatkan adalah dengan tidak mencela karya tersebut, memberikan saran dan masukan yang baik, serta memberikan semangat bagi sang pembuat karya dengan tetap memuji apa yang sudah diusahakannya.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved