Roboguru

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ....

Pertanyaan

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ....undefined 

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Pada kalimat pertama merupakan penjelasan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia. Pada kalimat ketiga berisi ucapan permohonan maaf dari panitia. Berdasarkan kalimat pertama dan kedua dan ketiga maka kalimat keduanya berupa kalimat penutup dari sambutan panitia.

Dengan demikian, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah "Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, semoga kegiatan perlombaan ini bermanfaat bagi semua."undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat yang mengandung modalitas yang menyatakan kemampuan adalah …

Pembahasan Soal:

Salah satu unsur kebahasaan dalam pidato persuasif adalah modalitas. Modalitas adalah sebuah keterangan dalam kalimat yang menyatakan sikap pembicara terhadap hal yang dibicarakan, yaitu mengenai perbuatan, keadaan, peristiwa, atau sikap terhadap orang yang diajak berbicara. Modalitas terdiri dari beberapa jenis, yaitu sebagai berikut. 

  • Modalitas yang menyatakan keinginan, harapan, permintaan, atau ajakan. Modalitas ini ditandai dengan kata ingin, mau, segera, mari, ayo, silakan.
  • Modalitas yang menyatakan kemungkinan, kepastian, dan keharusan. Modalitas ini ditandai dengan kata mungkin, pasti, bisa jadi, belum pasti, harus.
  • Modalitas yang menyatakan keizinan atau perkenaan. Modalitas ini ditandai dengan kata mohon izin dan perkenan. 
  • Modalitas yang menyatakan kemampuan. Modalitas ini ditandai dengan kata bisa, dapat, mampu.
  • Modalitas yang bersangkutan dengan keperluan. Modalitas ini ditandai dengan kata harus. 

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang mengandung modalitas yang menyatakan kemampuan adalah Teman-teman semua, saya yakin kita pasti berusaha sekuat tenaga mengatur pola tidur selama WFH. 

Pilihan A tidak tepat karena kalimat tersebut mengandung modalitas yang menyatakan kemungkinan. Pilihan B tidak tepat karena kalimat tersebut mengandung modalitas yang menyatakan keharusan. Pilihan C tidak  tepat karena kalimat tersebut mengandung modalitas yang menyatakan ajakan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Teman-teman yang berbahagia, tidak terasa kita harus berpisah dengan sekolah dan guru-guru yang telah mendidik kita selama tiga tahun. Mereka telah membekali kita ilmu yang bermanfaat. Oleh karena itu...

Pembahasan Soal:

Pidato adalah pengungkapan pikiran di depan orang banyak yang tujuannya menginformasikan sesuatu. Dalam pidato, terdapat bagian-bagian seperti pembuka, isi, dan penutup. Dalam penutup sebuah pidato, biasanya terdapat imbauan atau harapan orang yang menyampaikannya. Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah (C) Jangan melupakan jasa guru-guru kita. Kalimat tersebut tepat dikatakan sebagai imbauan karena bernada pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar, dan tepat diucapkan pada pidato perpisahan.

0

Roboguru

Kalimat persuasif untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat ajakan (persuasif) adalah kalimat yang berisi imbauan kepada orang-orang tertentu, kelompok masyarakat, tentang sesuatu dengan tujuan tertentu.

Kalimat ajakan yang sesuai dengan paragraf tersebut, yaitu sebagai berikut.

"Dengan mengikuti kegiatan, kalian akan dapat mempelajari karakter orang, empati kepada orang lain."

Kalimat tersebut merupakan kalimat persuasif yang mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan dan memperoleh manfaatnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut!  Teman-teman, menurut saya, luka yang sudah infeksi memang harus ditangani oleh tenaga kesehatan.  Kalimat di atas memuat salah satu unsur kebahasaan pidato persuasif, ...

Pembahasan Soal:

Unsur kebahasaan yang terdapat dalam pidato persuasif adalah kalimat aktif dan pasif, kalimat persuasif, nominalisasi, kata ganti orang. kosakata berupa istilah teknis, sinonim dan antonim, kata benda abstrak, kata emotif, kata tugas, dan modalitas. 

Kalimat di atas mengandung unsur kebahasaan pidato persuasif, yaitu kalimat pasif. Kalimat tersebut memiliki predikat yang berawalan di-, yaitu pada kata ditangani. Kata ditangani dapat diubah menjadi menangani dan kalimat tersebut dapat diubah menjadi kalimat aktif. 

Pilihan A tidak tepat karena kalimat tersebut tidak mengandung ajakan. Pilihan B tidak tepat karena predikat yang terdapat pada kalimat tersebut berawalan di-. Pilihan D tidak tepat karena kalima tersebut tidak diakhiri dengan tanda tanya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Hadirin yang berbahagia, Bencana alam terjadi di mana-mana sehingga sangat merugikan bagi manusia dan alam sekitarnya. Kita kehilangan harta benda ataupun orang-orang yang kita sayangi. Mengapa benca...

Pembahasan Soal:

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Dalam penutup sebuah pidato, terdapat kalimat imbauan yang bermaksud mengajak pembaca melakukan hal yang baik. Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut yang berisi imbauan/anjuran adalah (A) Marilah kita jaga lingkungan kita dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved