Kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!  


(1) Pada umumnya, kita memiliki kemampuan belajar untuk memproses gambar dan cerita menjadi seperti nyata dialami. (2) Kemampuan ini membuat kita bisa merasa takut ketika melihat foto-foto menakutkan. (3) Dampak negatif dari itu adalah kita seolah-olah melihat langsung kejadian itu. (4) Kita seakan-akan bisa membayangkan adegan yang terjadi. (5) Akhirnya, kita sering merasa ketakutan, bermimpi buruk, dan dampak lainnya.space 

Kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (4)space 

  5. (5)space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan C.space 

Pembahasan

Kutipan teks diatas adalah teks eksplanasi. Teks eksplanasi ialah teks yang memuat penjelasan tentang penyebab atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang disertai dengan urutan kejadian peristiwa tersebut. Selain itu, terdapat gagasan umum dan berbagai fakta penting dalam menjelaskan urutan peristiwa. Dalam menuliskan teks eksplanasi perlu memperhatikan kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan teks eksplanasi yaitu sebagai berikut:

  1. Terdapat bahasa istilah atau bahasa ilmiah
    Teks eksplanasi menjelaskan sebab akibat dan proses dari suatu fenomena. Fenomena yang terjadi di dunia, baik fenomena sosial maupun fenomena alam, biasanya diteliti. Hasil dari penelitian itu kemudian menghasilan kesimpulan, tren, konsep, atau teori. Istilah-istilah dari kesimpulan, tren, konsep, atau teori itu wajar ditemukan di teks eksplanasi.
  2. Pembahasan bersifat umum
    Teks eksplanasi biasanya menjelaskan suatu hal secara umum. Ketika menjelaskan tentang gunung meletus misalnya, maka yang dijabarkan adalah proses, penyebab, dan akibat gunung meletus secara keseluruhan, bukan satu gunung tertentu.
  3. Dibuat berdasarkan fakta
    Teks eksplanasi adalah jenis teks yang membuat informasi berdasarkan fakta. Teks ini bukan fiksi atau karangan. Informasi yang terkandung dalam teks eksplanasi dibuat sesuai dengan fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Teks eksplanasi mengandung fakta yang dirangkai secara kronologis atau dalam hubungan kausalitas.
  4. Menggunakan kalimat pasif
    Karena sifatnya menganalisis, maka teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif. Kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai suatu perbuatan atau aktivitas. Predikat kalimat pasif menggunakan di-, ter-, ke-, dan kata ganti.
  5. Terdapat konjungsi kausal dan waktu
    Konjungsi kausalitas adalah kata penghubung yang menghubungkan dua buah klausa atau lebih yang menggambarkan sebab akibat. Kata-kata yang menunjukkan konjungsi kausalitas adalah karena, jika, akibat, agar, oleh sebab itu, dengan demikian, bila, kalau, dan oleh karena itu. Sedangkan konjungsi waktu yang biasa ditemukan dalam teks eksplanasi di antaranya konjungsi sebelum, setelah, sesudah, ketika, sambil, kemarin, waktu itu.
  6. Pemakaian kata kerja relasional dan material
    Kata kerja relasional adalah kata kerja yang berfungsi meyatakan hubungan sebab akibat. Contoh kata kerja relasional diantaranya kata disebabkan, menyebabkan, berakibat, berdampak, adalah, merupakan, memiliki, yaitu, sehingga. Sedangkan kata kerja material adalah kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa. Contoh kata kerja material diantaranya kata diubah, masuk, menjadi, berubah, terbentuk, terjadi.undefined 

Hubungan sebab akibat (konjungsi kausalitas) adalah hubungan yang menjelaskan bahwa suatu peristiwa atau peristiwa dikaitkan dengan sebab tertentu. Kalimat yang menggunakan hubungan sebab akibat biasanya ditandai dengan konjungsi "karena", "maka" atau "sebab". Kalimat hubungan sebab akibat digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa penyebab dan suatu peristiwa yang menjadi dampaknya. Adapun kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat no.3 yang berbunyi "Dampak negatif dari itu adalah kita seolah-olah melihat langsung kejadian itu.

Dalam kalimat no.3 hubungan sebab akibat ditandai dengan kata "dampak" yang menjadikan kalimat tersebut memiliki penyebab dan salah satunya menjadi pengaruh/akibatnya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space 

49

4.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Hujan merupakan bagian dari siklus hidrologi. Jelaskan penyebab terjadinya hujan.

83

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia