Roboguru

Kalimat yang menggunakan ragam bahasa tidak baku adalah kalimat nomor ....

Pertanyaan

Kalimat yang menggunakan ragam bahasa tidak baku adalah kalimat nomor ....space 

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Cerpen merupakan salah satu ragam dari jenis prosa. Cerpen, sesuai dengan namanya adalah cerita yang relatif pendek yang selesai dibaca sekali duduk. Proses sekali duduk dapat diartikan sebagai memahami isi pula. Artinya, pada saat itu isi cerpen dapat kita pahami.

Kalimat yang menggunakan ragam bahasa tidak baku adalah kalimat nomor 1, 3, dan 4. Ragam bahasa tidak baku yaitu ragam yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Berikut analisisnya:

1) Akan tetapi dia tidak patah semangat. (3) Sayang keadaan tidak juga berubah. (4) Karya-karyanya yang selalu dia kirim dengan disertai perangko, terus-terusan dikembalikan.

  1. Kalimat 1, terdapat kesalahan karena tidak menggunakan tanda baca koma ( , ) setelah kata tetapi. Penulisan yang benar adalah : "Akan tetapi, dia tidak patah semangat."
  2. Kalimat 3, terdapat kesalahan karena tidak menggunakan tanda baca koma ( , ) setelah kata sayang. Penulisan yang benar adalah : "Sayang, keadaan tidak juga berubah."
  3. Kalimat 4, terdapat kesalahan dalam penggunaan katakata dan terdapat pemborosan katakata yang seharusnya tidak digunakan. Kalimat yang benar adalah : "Karya-karya disertai perangko yang selalu dia kirim, terus-menerus dikembalikan."

Dengan demikian, kalimat yang menggunakan ragam tidak baku adalah kalimat nomor 1, 3, dan 4.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 18 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kata baku yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Ragam baku, yaitu ragam bahasa yang oleh penuturnya dipandang sebagai ragam yang baik (mempunyai prestise tinggi), biasa dipakai di kalangan terdidik, dalam karya ilmiah, dalam suasana resmi, atau dalam surat resmi (misalnya surat-menyurat dinas, perundang-undangan, karangan teknis). Aturan penggunaan kata dalam ragam baku harus sesuai dengan "EYD" (Ejaan yang Disempurnakan), "PUEBI" (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indoneisa) yang baik dan benar, serta bersumber kepada "KBBI" (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Berikut ini adalah penulisan kata baku yang tepat untuk melengkapi teks soal di atas, yaitu:

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "apotek" merupakan kata baku yang artinya toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis; rumah obat. Sedangkan kata tidak bakunya adalah "apotik".
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "abjad" merupakan kata baku yang artinya kumpulan huruf (aksara) berdasarkan urutan yang lazim dalam bahasa tertentu; sistem aksara yang melambangkan bunyi bahasa yang dipakai untuk menuliskan bahasa. Sedangkan kata tidak bakunya adalah "abjat".

Berdasarkan penjelasan tersebut, kata baku yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah kata "apotek" dan "abjad".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut! Nenek pun mempersilahkan aku duduk dan mengambilkan aku teh. Aku langsung duduk dan meminum teh buatan nenek.   Kata tidak baku pada kutipan di atas terdapat pada kata …...

Pembahasan Soal:

Dalam teks cerita pendek, secara prinsip penulisan teks, penulis menggunakan ragam bahasa baku atau resmi. Kata baku adalah kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang bersumber pada Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sementara, kata tidak baku tentu saja adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku. Kata  tidak baku pada kutipan di atas terdapat pada kata mempersilahkan. Kata baku dari kata mempersilahkan adalah mempersilakan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Ketika saya akan memasuki ruang ujian ini, saya merasa ... tidak akan dapat mengikuti ujian dengan tenag. Akan tetapi, setelah saya berdoa, perasaan itu menjadi berkurang. Ternyata saya ... ketakutan....

Pembahasan Soal:

Kata baku adalah kata yang digunakan dalam ragam bahasa formal dan penulisannya mengikuti KBBI. Kaidah penulisan yang tepat untuk kata-kata yang dimaksud dalam teks adalah khawatir, hanya, napas. Berikut penjelasannya di dalam kalimat.

  • Ketika saya akan memasuki ruang ujian ini, saya merasa khawatir tidak akan dapat mengikuti ujian dengan tenang.
  • Ternyata saya hanya ketakutan.
  • Begitu lembar soal saya buka, saya menarik napas panjang dan mengucapkan nama Tuhan…

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Temukan lima kosa kata tidak baku pada paragraf diatas dan tulislah kosakata bakunya!

Pembahasan Soal:

Cerita pendek adalah sebuah karya sastra pendek yang bersifat fiktif dan mengisahkan tentang suatu permasalahan yang dialami oleh tokoh secara ringkas mulai dari pengenalan sampai akhir dari permasalahan yang dialami oleh tokoh. Salah satu kaidah kebahasaan cerita pendek adalah menggunakan kata baku. Kata baku adalah kata yang cara pengucapan atau penulisannya sesuai dengan kaidah yang dibakukan yang berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berikut adalah kosa kata tidak baku pada teks di atas dan kosa kata bakunya.

Dapat disimpukan bahwa kata tidak baku yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah group, anggoutanya, kemis, latian, dan dulu.undefined 

Roboguru

Kata ulang untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Kata ulang adalah kata yang mengalami pengulangan. Pengulangan bisa terjadi dalam bentuk asli maupun dengan adanya pengubahan suku kata dan imbuhan, yang kemudian membentuk atau merubah makna kata sebelumnya.
Kata ulang yang tepat untuk menyatakan saat waktu masih sangat pagi adalah kata ulang penuh (pagi-pagi). Kata ulang yang tepat untuk menyatakan lauk berbagai daging, ikan, dan sebagainya adalah kata ulang berubah bunyi (lauk-pauk). Kata ulang yang tepat untuk menyatakan melakukan kegiatan berulang adalah menggunakan kata ulang bagian belakang (mencari-cari).
Dengan demikian, kata ulang untuk melengkapi paragraf tersebut adalah pagi-pagi, lauk-pauk, mencari-cari.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved