Roboguru

Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ....space 

  1. Hadirin yang saya hormati.space 

  2. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda.space 

  3. Puji dan syukur kita panjatkan.space 

  4. Pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda.space 

  5. Hari ini kita berkumpul untuk memperingati hari bersejarah.space 

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah kegiatan menyampaikan informasi, nasihat, ataupun ajakan di depan khalayak secara lisan.

Salah satu ciri kebahasaan teks ceramah adalah menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat mempengaruhi baik berupa bujukan maupun ajakan. Contoh kata persuasif, yaitu hendaklah , sebaiknya, diharapkan, perlu, harus, dan mari.

Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda. Kalimat tersebut merupakan kalimat persuasif karena berisi ajakan yang ditandai dengan penggunaan kata mari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat persuasif pada kutipan di atas ditunjukkan oleh kalimat ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Teks ceramah memiliki ciri kebahasaan yang membedakannya dengan jenis teks lain. Salah satu ciri kebahasaan teks ceramah adalah penggunaan kata persuasif.

Kata persuasif merupakan kata yang bertujuan untuk mengajak atau membujuk. Beberapa contoh kata persuasif yang sering digunakan dalam teks ceramah, antara lain ayolah, marilah, hendaknya, sebaiknya, harus, perlu, diharapkan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kalimat persuasif pada kutipan di atas ditunjukkan oleh kalimat Oleh karena itu, marilah kita bangun kembali semangat persatuan yang sempat hilang dari dalam diri kita.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space  

0

Roboguru

Persuasi yang dilakukan seseorang yang berceramah dalam teks tersebut meliputi sikap ....

Pembahasan Soal:

Teks ceramah merupakan teks yang berisi materi tentang permasalahan aktual di masyarakat yang perlu ditanggapi dan disampaikan di depan umum atau pendengar yang dituju. 
Berikut kaidah kebahasaan teks ceramah, yaitu:

  1. terdapat kata sapaan, seperti Saudara, Hadirin dan teman-teman.
  2. menggunakan kata ganti yang merujuk pada penceramah itu sendiri, seperti saya, kita, maupun kami.
  3. terdapat kata teknis/istilah.
  4. terdapat kata kerja mental, misalnya berasumsi dan mengira.
  5. menggunakan konjungsi kausalitas dan temporal.
  6. terdapat kalimat imperatif, biasanya menggunakan keterangan modalitas yang berfungsi mempengaruhi pendengar untuk membentuk opini, misalnya sebaiknya, seharusnya, dan barangkali. Seringkali, juga menggunakan kalimat persuasif.

Persuasi yang dilakukan seseorang yang berceramah dalam teks tersebut meliputi sikap terbuka, jujur, dan kerja sama. Berdasarkan kutipan:  Ada beberapa sikap yang perlu kalian terapkan agar dapat berinteraksi dengan hati nurani. Pertama, sikap terbuka. ...  Kedua, jujur. ... Ketiga, kerja sama. Pada kalimat tersebut terdapat kata persuasif perlu yang mengajak pendengar untuk menerapkan sikap terbuka, jujur, dan kerja sama.
 

Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan C.

0

Roboguru

Kalimat persuasif yang sesuai dengan penggalan naskah tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Kalimat persuasi adalah kalimat ajakan. Kalimat ini berisi ajakan dan mengandung kata-kata persuasif yang biasa digunakan untuk mengajak, seperti mari, ayo, atau ayolah. Kalimat persuasi yang paling tepat adalah Untuk itu marilah bersama-sama melawan korupsi. Hal ini karena kalimat tersebut sesuai dengan topik teksnya, yaitu membicarakan kasus korupsi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Kalimat imbauan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut merupakan paragraf pidato yang mengandung ajakan. Untuk itu, akhir dari suatu pidato harusnya yang merupakan kesimpulan yang bersifat persuasif.

Kalimat imbauan yang tepat yaitu Oleh karena itu, marilah kita galakkan penanaman bakau di sepanjang pesisir yang potensial terkena tsunami. Kalimat tersebut sesuai dengan isi paragraf yang menjelaskan bahwa hutan memiliki sistem perlindungan dan pengamanan kawasan pesisir yang sangat baik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

0

Roboguru

Kaidah kebahasaan yang menyatakan pernyataan persuasif pada paragraf di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Pernyataan persuasif adalah pernyataan yang mengandung ajakan, bujukan, atau imbauan. Teks di atas berbicara tentang kurikulum baru yang tidak beberapa lama lagi akan diberlakukan. Kurikulum baru tersebut memberdayakan peran guru dalam pengembangannya, terutama dalam pemilihan materi dan penggunaan metode yang sesuai dengan kompetensi para siswanya. Untuk itu, sebuah upaya pembekalan terhadap para pengajar tentang pengembangan kurikulum dan materi pengajaran membaca dan menulis sangat mendesak untuk dilakukan.

Di akhir paragraf teks tersebut, dikatakan bahwa harus ada upaya yang sangat mendesak untuk dilakukan, yakni pembekalan terhadap para pengajar tentang pengembangan kurikulum dan materi pengajaran membaca dan menulis. Pada poin ini, terdapat pernyataan persuasif, yakni desakan untuk mengadakan pembekalan untuk para pengajar. Ini merupakan salah satu bentuk imbauan.

Jadi, jawaban yang tepat dari pertanyaan kaidah kebahasaan yang menyatakan pernyataan persuasif pada paragraf di atas adalah pada kalimat "Untuk itu, sebuah upaya pembekalan terhadap para pengajar tentang pengembangan kurikulum dan materi pengajaran membaca dan menulis sangat mendesak untuk dilakukan."space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved