Roboguru

Kalimat utama paragraf pertama terdapat pada pernyataan berikut ...

Pertanyaan

Kalimat utama paragraf pertama terdapat pada pernyataan berikut ...space space space 

  1. Hasil survei Gallup Korea menyatakan mayoritas warga tidak yakin perang di Semenanjung Korea akan terjadi menarik sekaligus melegakan.space space space 

  2. Survei terakhir mengungkapkan bahwa 58 persen responden melihat tak mungkin Korea Utara (Korut) memicu perang dan hanya 37 persen responden yang berpikir bahwa perang akan dipicu oleh Pyongyang.space space space 

  3. Hasil survei itu melegakan.space space space 

  4. Sebab, pada survei sebelumnya, 2007, hanya 45 persen responden yang memperkirakan perang tidak akan pecah.space space space 

  5. Sementara itu, sebanyak 51 persen responden berpikir Korut akan memicu perang.space space space 

Pembahasan Soal:

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung inti yang terdapat pada paragraf. Letak kalimat utama terdapat di awal, di akhir, di awal dan di akhir, atau pun menyebar di keseluruhan paragraf. Kalimat utama yang terletak di awal paragraf mempunyai pengulangan kata atau terdapat kata tunjuk, seperti ini, itu atau tersebut pada kalimat penjelasnnya. Sementara, kalimat utama yang terletak di akhir paragraf mempunyai kata kunci, seperti dengan demikian, jadi, oleh karena itu, atau kesimpulannya. Namun, tidak jarang penulis membuat kalimat utama secara tersirat pada paragraf.

Berdasarkan teks tersebut, kalimat utama terletak pada awal paragraf pada kalimat pertama, Hasil survei Gallup Korea menyatakan mayoritas warga tidak yakin perang di Semenanjung Korea akan menjadi menarik sekaligus melegakan. Terlihat jelas bahwa pada kalimat penjelas memaparkan tentang survey dan isi survey yang telah dilaksanakan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ide pokok paragraf kedua terdapat pada kalimat angka ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Dalam penulisan teks editorial terdapat ide pokok yang melandasi ide atau topik yang disampaikan dalam teks.

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok terletak di kalimat utama dalam paragraf. Kalimat utama pada paragraf dua ialah KPK dianggap belum mampu menjangkau kasus-kasus korupsi politik yang melibatkan para petinggi negeri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

0

Roboguru

Berikut yang bukan gagasan penjelas paragraf pertama kutipan teks tersebut adalah . . .

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah gagasan yang mengandung inti yang terdapat pada paragraf. Letak gagasan utama terdapat di awal, di akhir, di awal dan di akhir, atau pun menyebar di keseluruhan paragraf. Gagasan utama yang terletak di awal paragraf mempunyai pengulangan kata atau terdapat kata tunjuk, seperti ini, itu atau tersebut pada kalimat penjelasannya. Sementara, gagasan utama yang terletak di akhir paragraf mempunyai kata kunci, seperti dengan demikian, jadi, oleh karena itu, atau kesimpulannya. Namun, tidak jarang penulis membuat gagasan utama secara tersirat pada paragraf.

Di sisi lain, gagasan penjelas merupakan kalimat uraian yang memerinci isi dari kalimat utama. Kalimat penjelas umumnya menjelaskan lebih detil mengenai topik yang sedang diulas, sehingga kalimat ini bersifat lebih khusus.

Berdasarkan teks tersebut, gagasan penjelas yang tidak sesuai dapat dicari dengan membandingkan antara pilihan jawaban dengan teks. Gagasan penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama tersebut adalah setiap orang takut berekspresi atau menyampaikan pendapat sebab kalimat tersebut merupakan gagasan utama pada paragraf tesebut, yaitu pada kalimat Di era keterbukaan lni setlap orang rasanya tidak perlu takut lagi untuk mengemukakan atau mengekspresikan pendapat.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space space 

0

Roboguru

Isu yang dibahas pada penggalan editorial tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Untuk dapat mengetahui isu yang sedang dibahas perlu dianalisis terlebih dahulu gagasan utama pada setiap paragraf. Gagasan utama adalah ide pokok yang mendasari pegembangan dari sebuah paragraf. Setiap paragraf hanya memiliki satu gagasan utama yang terletak pada kalimat utama dan beberapa gagasan penjelas. Kalimat utama dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan letaknya, pada awal paragraf (paragraf deduktif), akhir paragraf (paragraf induktif), dan awal sekaligus akhir paragraf (paragraf campuran).

Pada paragraf pertama, kalimat utamanya berada di akhir kalimat atau kalimat nomor 5. Pertemuan Menlu Retno dengan kedua pejabat Myanmar tersebut sekaligus menjadikan Indonesia sebagai jembatan negara-negara ASEAN untuk menyelesaikan konflik. Paragraf kedua memiliki kalimat utama yang berada di awal paragraf yaitu kalimat nomor 6. Kini, hampir seluruh elemen masyarakat Indonesia bersama-sama Mengulurkan tangan dan memberikan bantuan dalam bentuk apa pun untuk meringankan beban para pengungsi Rohingya.

Berdasarkan dua kalimat utama tersebut, maka isu yang dibahas pada penggalan editorial di atas adalah Peran Indonesia dalam menyelesaikan konflik kemanusiaan di Myanmar.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Topik yang tepat untuk isi teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Topik dalam teks dapat ditemukan dengan beberapa langkah berikut.

  1. Membaca isi teks secara keseluruhan
  2. Memahami isi teks yang telah dibaca
  3. Mengambil kesimpulan dari teks yang telah dipahami/tema yang sesuai dengan teks tersebut. Kesimpulan bisa diambil dari ide pokok yang terdapat dalam paragraf.


Bersadarkan teks tersebut, topik yang dibahas adalah lunturnya nilai-nilai dalam diri salah satunya adalah nilai keimanan yang ditemukan pada kalimat pertama dalam paragraf tersebut, Apabila nilai-nilai di dalam diri, seperti keimanan dan moralitas sudah dinomorduakan, harta benda jadi. nomor satu, serta apa pun upaya yang dibuat, sang pelaku akan mencari celah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space space 

0

Roboguru

Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk menyusul adanya keputusan pemerintah yang membatasi penjualan tiket. Kenyataannya, jumlah penumpang  jauh lebih besar daripada kapasitas kapal. Hal ini meny...

Pembahasan Soal:

Teks di atas termasuk teks editorial. Teks editorial adalah suatu artikel yang berisi pendapat berdasarkan fakta dan didukung dengan data. Tujuan dari teks editorial adalah untuk memberikan pandangan atau opini sang redaksi terhadap para pembaca pada isu yang tengah berkembang atau hangat dibicarakan, serta untuk mengajak pembaca agar turut berpikir terkait isu aktual yang tengah hangat diperbincangkan atau di kehidupan sekitar.

Untuk mengetahui permasalahan yang terdapat pada teks editorial, kita harus mengetahui terlebih dahulu ide pokok dari teks tersebut. Ide pokok merupakan inti dari sebuah paragraf. Untuk mencari sebuah ide pokok dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama itu sendiri terletak di awal kalimat, akhir kalimat, atau awal-akhir kalimat.

Berikut ini adalah analisis kalimat utama, ide pokok yang terdapat pada teks di atas, yaitu:

  • Kalimat utama pada teks di atas terletak di awal kalimat tepatnya pada kalimat pertama yang berbunyi "Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk menyusul adanya keputusan pemerintah yang membatasi penjualan tiket."
  • Ide pokok pada teks di atas sesuai isi pada kalimat utama adalah "Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk"

Berdasarkan bunyi kalimat pada ide pokok, permasalahan utama dalam teks di atas adalah buruknya pelayanan angkutan kapal laut.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved