Roboguru

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....space

 

  1. Bagaimanakah cara bersepeda yang baik?space

     

  2. Sepeda apa yang baik digunakan untuk berolahraga?space

     

  3. Mengapa bersepeda dapat menyehatkan tubuh?

  4. Siapa saja yang dapat melakukan olahraga bersepeda?space

     

Pembahasan Soal:

Kalimat tanya yang terdapat pada opsi A, B dan D merupakan kalimat tanya yang tidak sesuai dengan pernyataan pada paragraf yang ada di dalam soal, sedangkan kalimat tanya pada opsi C merupakan kalimat tanya yang sesuai dengan penyataan pada paragraf yang ada di dalam soal, karena menanyakan tentang alasan mengapa bersepedah dapat menyehatkan tubuh. Pertanyaan tersebut dalapt dijawab dengan pernyataan Otot organ tubuh yang bergerak akan merangsang keluarnya keringat. Semakin banyak keringat yang keluar semakin banyak pula lemak yang keluar dari dalam tubuh. Semakin sedikit tumpukan lemak semakin lancar peredaran darah kita.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.space

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

B. Identifikasilah penggunaan bahasa dalam kalimat pada teks di atas! Berikan contoh!

Pembahasan Soal:

Teks cerita inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Kalimat tanya adalah kalimat yang disampaikan untuk mendapat jawaban berupa informasi, penjelasan, atau pernyataan.

Beberapa ciri kalimat tanya adalah selalu diakhiri dengan tanda tanya (?), diawali dengan kata-kata tanya seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, berapa, dan mendapat partikel –kah atau –kan.

Identifikasi penggunaan kalimat tanya pada teks di atas:

Dengan demikian, tidak terdapat penggunaan kalimat tanya pada teks tersebut dan contoh kalimat tanya adalah “Pada bulan Oktober, berapakah jumlah kotak krayon dan buku mewarnai yang Ella sumbangkan ke seluruh negeri?”space 

0

Roboguru

Perhatikan kalimat pertanyaan berikut! Mengapa kaki kiri Viktoria harus diamputasi? Kutipan yang memuat jawaban dari pertanyaan di atas adalah …

Pembahasan Soal:

Kata tanya mengapa merupakan kata tanya yang digunakan untuk menanyakan alasan terjadinya peristiwa dalam teks cerita inspirasi. Kutipan yang memuat jawaban dari pertanyaan di atas adalah

Pada usia 20 tahun, Viktoria dihadapkan pada pilihan yang sulit. Pertumbuhan kaki kirinya mengalami gangguan dan membahayakan kesehatannya. Segala usaha keluarga dan dokter seperti sia-sia. Akhirnya, Viktoria memutuskan untuk mengamputasi kaki kirinya.

Jawaban dari pertanyaan di atas terdapat pada kalimat kedua, yakni Pertumbuhan kaki kirinya mengalami gangguan dan membahayakan kesehatannya. Kalimat tersebut memuat alasan kaki kiri Viktoria harus diamputasi. Dengan demikian, kutipan yang memuat jawaban dari pertanyaan di atas terdapat pada pilihan jawaban C.

0

Roboguru

Bacalah kalimat berikut! "Apakah ada perbedaan sastra lama dan sastra baru!" tanya Bu Klifa. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah tanda seru (!) tersebut digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya. Hal ini karena kalimat yang disajikan merupakan kalimat tanya sebab ditandai dengan adanya kata tanya 'apakah', sehingga kalimat tersebut harus diakhiri dengan tanda tanya bukan tanda seru.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan cerita inspirasi berikut! Tumbuh dengan kekurangan bukan berarti selalu jadi penghalang. Dengan latihan keras dan keyakinan kuat, kekurangan Viktoria Modesta kini malah jadi inspir...

Pembahasan Soal:

Sebuah kisah inspirasi pasti mengandung pokok-pokok informasi yang terangkum dalam rumus 5W+1H atau dalam bahasa Indonesia dapat pula disebut dengan ADIKSIMBA, yaitu berupa enam kata tanya

  • apa,
  • di mana,
  • kapan,
  • siapa,
  • mengapa,
  • bagaimana.

Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan teks cerita inspirasi di atas adalah Siapakah tokoh inspiratif dalam teks di atas?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Tokoh inspiratif dalam teks di atas adalah Viktoria Modesta. Jawaban tersebut terdapat pada kalimat kedua dalam kutipan di atas.

Dengan demikian, pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan teks cerita inspirasi di atas terdapat pada pilihan jawaban C.

0

Roboguru

Informasi yang dicetak tebal pada kalimat di atas merupakan jawaban dari kata tanya....

Pembahasan Soal:

Cerita inspriratif adalah cerita atau kisah masa lalu yang bisa menginspirasi seseorang untuk melakukan hal yang sama, terutama yang menyangkut keberhasilan dan kesuksesan tokoh-tokoh terdahulu.

Salah satu kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif adalah menggunakan kalimat tanya. Kalimat tanya adalah kalimat yang mengandung makna pertanyaan. Kalimat tanya umumnya diawali dengan kata tanya. Terdapat beberapa jenis kata tanya, yaitu:

  1. Apa; dignakan untuk menanyakan suatu peristiwa atau hal.
  2. Siapa; digunakan untuk menanyakan pelaku/orang.
  3. Kapan; digunakan untuk menanyakan waktu.
  4. Mengapa; digunakan untuk menanyakan alasan.
  5. Bagaimana; digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan.

Kalimat tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 merupakan informasi mengenai waktu. Maka, informasi yang dicetak tebal pada kalimat di atas merupakan jawaban dari kata tanya kapan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved