Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kalimat pendapat : Pempek palembang terkenal akan rasanya yang enak. Kalimat Argumentasi : (1) Ikan, sebagai bahan dasar pembuatan empek-empek, diambil dari ikan yang berkualitas. (2) Pemiliihan produk sagu terbaik merupakan hal penting seperti juga bahan campuran lain, yaitu telur, air, dan garam. (3) Gula baru dipilih sebagai bahan pembautan cuka. (4) Asam akan memengaruhi lambung. (5) Pengolahan yang bersiih dan pencampuran yang tepat menentukan kualitas pempeknya. Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ...

Kalimat pendapat       : Pempek palembang terkenal akan rasanya yang enak.
Kalimat Argumentasi : (1) Ikan, sebagai bahan dasar pembuatan empek-empek, diambil dari ikan yang berkualitas.
(2) Pemiliihan produk sagu terbaik merupakan hal penting seperti juga bahan campuran lain, yaitu telur, air, dan garam.
(3) Gula baru dipilih sebagai bahan pembautan cuka.
(4) Asam akan memengaruhi lambung.
(5) Pengolahan yang bersiih dan pencampuran yang tepat menentukan kualitas pempeknya.

Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ...

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (2), dan (5)

  4. (2), (3), dan (4)

  5. (2), (4), dan (5)

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Kalimat argumentasi adalah kalimat yang menyatakan bukti-bukti yang akurat mengenai terjadinya sebuah peristiwa. Kalimat argumentasi terdapat dalam paragraf argumentasi. Definisi paragraf argumentasi adalah pragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan, serta ide pribadi penulisnya. Penulis dalam paragraf di atas ingin menjelaskan alasan-alasan pempek Palembang dikenal sebagai masakan khas Palembang yang enak. Kalimat-kalimat argumentasi pendukung yang menjelaskan kalimat utama Pempek Palembang terkenal akan rasanya yang enak adalah kalimat (1), (2), dan (5). Pada kalimat (1) Ikan, sebagai bahan dasar pembuatan empek-empek, diambil dari ikan yang berkualitas dijelaskan mengenai bahan dasar pembuatan empek-empek, yakni ikan yang berkualitas . Pada kalimat (2) dijelaskan mengenai beberapa bahan penting yang menjadi bahan campuran mpek-mpek, seperti telur, air, dan garam. Pada kalimat (5) dijelaskan faktor lain yang menentukan kualitas sebuah empek-empek, yakni pengolahan yang bersih dan pencampuran bahan yang tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Kalimat argumentasi adalah kalimat yang menyatakan bukti-bukti yang akurat mengenai terjadinya sebuah peristiwa. Kalimat argumentasi terdapat dalam paragraf argumentasi. Definisi paragraf argumentasi adalah pragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan, serta ide pribadi penulisnya. Penulis dalam paragraf di atas ingin menjelaskan alasan-alasan pempek Palembang dikenal sebagai masakan khas Palembang yang enak. Kalimat-kalimat argumentasi pendukung yang menjelaskan kalimat utama Pempek Palembang terkenal akan rasanya yang enak adalah kalimat (1), (2), dan (5).

  • Pada kalimat (1) Ikan, sebagai bahan dasar pembuatan empek-empek, diambil dari ikan yang berkualitas dijelaskan mengenai bahan dasar pembuatan empek-empek, yakni ikan yang berkualitas.
  • Pada kalimat (2) dijelaskan mengenai beberapa bahan penting yang menjadi bahan campuran mpek-mpek, seperti telur, air, dan garam.
  • Pada kalimat (5) dijelaskan faktor lain yang menentukan kualitas sebuah empek-empek, yakni pengolahan yang bersih dan pencampuran bahan yang tepat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

101

Saifi Norma jazila

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lahan untuk industri dapat menggunakan lahan tandus. Pemerintah membangun infrastruktur di lahan tandus untuk mendukung kebutuhan industri. Pembangunan infrastruktur tersebut tidak mengambil lahan per...

281

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia