Roboguru

Kalimat penawaran pada teks di atas terdapat pada ...

Kalimat penawaran pada teks di atas terdapat pada nomor ...space

  1. 1,2, dan 3space

  2. 2,3, dan 4space

  3. 4,6, dan 8space

  4. 3,5, dan 7space

  5. 5,6, dan 7space

Jawaban:

Kalimat penawaran merupakan salah satu struktur di dalam teks negosiasi. Teks negosiasi itu sendiri diartikan sebagai teks yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Struktur teks negosiasi terdiri dari:

  • Orientasi merupakan struktur pembukaan atau awalan dari percakapan sebuah negosiasi. Biasanya berupa kata salam, sapa dan sebagainya.
  • Permintaan merupakan struktur yang menjelaskan tentang pihak yang ingin tahu menanyakan suatu barang atau permasalahan yang dihadapi.
  • Pemenuhan merupakan struktur yang menjelaskn tentang pihak yang terkait memberitahukan mengenai barang atau obyek agar orang yang diajak interaksi oleh pihak tersebut menjadi lebih paham.
  • Penawaran merupakan struktur yang menjelaskan tentang puncak dari negosiasi karena terjadi proses tawar menawar pihak satu dengan pihak yang lain untuk mendapat sebuah kesepakatan yang menguntungkan satu sama lain.
  • Persetujuan merupakan struktur yang menjelaskan tentang kesepakatan atas hasil penawaran dari kedua belah pihak.
  • Pembelian merupakan struktur yang menjelaskan terjadinya transaksi jual beli antara masing-masing pihak terkait.
  • Penutup merupakan struktur yang mengakhiri dari sebuah percakapan antara kedua pihak untuk menyelesaikan suatu proses interaksi dalam negosiasi.


Berikut ini adalah analisis struktur teks negosiasi pada setiap kalimat di atas, yaitu:

  1. Pembeli: "Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?"(1), kalimat tersebut termasuk struktur orientasi karena merupakan kalimat pembuka.
  2. Penjual: "Tiga puluh ribu Bu, Murah."(2), kalimat tersebut termasuk struktur orientasi karena merupakan kalimat pembuka.
  3. Pembeli: "Boleh kurang kan bang?"(3), kalimat tersebut termasuk struktur permintaan karena pihak pembeli meminta harga barang tersebut dikurangi.
  4. Penjual: "Belum boleh, Bu barangya bagus loh, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon."(4), kalimat tersebut termasuk struktur penawaran karena pihak penjual menawarkan barang dagangannya yang bagus bukan karbitan.
  5. Pembeli: "lya, Bang tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim Bang. Dua puluh ribu saja ya?"(5), kalimat tersebut termasuk struktur permintaan karena pihak pembeli meminta harga barang tersebut dikurangi.
  6. Penjual: "Belum boleh Bu. Dua puluh delapan ribu iya Bu. Biar saya dapat untung, Bu."(6), kalimat tersebut termasuk struktur penawaran karena pihak penjual menwarkan barang dagangannya seharga dua puluh delapan ribu agar mendapat untung.
  7. Pembeli: "Baiklah tapi saya boleh milih sendiri kan Bang?"(7), kalimat tersebut termasuk struktur permintaan karena pembeli meminta untuk memilih sendiri barang yang akan dibelinya.
  8. Penjual: "Asal jangan pilih yang besar-besar Bu. Nanti saya bisa rugi."(8), kalimat tersebut termasuk struktur penawaran karena penjual menawar kepada pembeli untuk tidak memilih barang yang besar-besar agar tidak rugi.
  9. Pembeli: "lya Bang. Yang penting saya dapat mengga yang bagus dan tidak busuk."(9), kalimat tersebut termasuk struktur persetujuan karena pembeli menyetujui untuk tidak memilih barang yang besar-besar asalkan mangganya bagus dan tidak busuk.
  10. Penjual: "Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan."(1O), kalimat tersebut termasuk struktur persetujuan karena penjual menjamin bahwa barang dagannya tidak busuk.
  11. Pembeli: "Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Bang."(11), kalimat tersebut termasuk struktur persetujuan karena pembeli setuju untuk membeli mangga tersebut sebanyak 3 kilo.

Berdasarkan hasil analisis di atas, maka kalimat penawaran pada teks di atas terdapat pada nomor 4, 6, dan 8.


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved