Roboguru

Pertanyaan

Kalimat manakah yang salah satu katanya ditulis secara tidak tepat?space

  1. Saat ini turis mancanegara telah banyak yang mengunjungi Lombok.space

  2. Peng-Indonesia-an kata asing dilakukan untuk memperkaya bahasa Indonesia.space

  3. Dalam menulis surat resmi kita harus menggunakan kosakata baku.space

  4. Setelah diujicobakan secara klinis, obat itu baru direkomendasikan tim.space

  5. Bentuk yang disepakati lebih baik daripada bentuk segitiga yang diusulkan.space

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan

Salah satu di antara kalimat A一E memuat kesalahan penulisan kata. Berikut adalah analisis kelima kalimat tersebut.
 

  • Semua kata pada kalimat dalam pilihan A sudah ditulis dengan tepat. Dalam kalimat tersebut, terdapat kata mancanegara yang terdiri dari bentuk terikat manca- dan ditambah dengan kata negara. Bentuk terikat selalu ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya sehingga penulisan kata mancanegara sudah tepat.
  • Terdapat kata peng-Indonesia-an pada pilihan B. Kata peng-Indonesia-an memiliki kata dasar Indonesia yang diberi imbuhan peng-an. Imbuhan awalan dan akhiran akan ditulis serangkai dengan kata dasarnya sehingga penulisan peng-Indonesia-an tidak tepat. Perbaikan kata tersebut adalah pengindonesiaan. Menurut KBBI, kata pengindonesiaan memiliki makna ‘proses, cara, perbuatan mengindonesiakan’.
  • Kalimat pada pilihan C memuat kata kosakata. Penulisan kata tersebut sudah tepat, yakni digabung. Menurut KBBI, kata kosakata memiliki makna ‘perbendaharaan kata’. Selain kata tersebut, semua kata pada kalimat dalam pilihan C sudah ditulis dengan tepat.
  • Pada pilihan D, terdapat kata diujicobakan dan klinis. Kedua kata tersebut sudah sesuai kaidah penulisan. Kata diujicobakan memiliki kata dasar uji coba. Imbuhan awalan dan akhiran akan ditulis serangkai dengan kata dasarnya sehingga penulisan diujicobakan sudah tepat. Selain itu, penulisan klinis juga sudah sesuai dengan aturan penulisan yang memiliki arti ‘bersangkutan atau berdasarkan pengamatan klinik’.
  • Semua kata pada kalimat dalam pilihan E sudah ditulis dengan tepat. Dalam kalimat tersebut, terdapat kata disepakati dan daripada. Kedua kata tersebut sudah sesuai dengan kaidah kebahasaan. Kata disepakati memiliki kata dasar sepakat dan diberi imbuhan di-i. Kata tersebut memiliki arti ‘dinyatakan sepakat’. Selain itu, penulisan kata daripada juga sudah tepat, yakni digabung bukan dipisah. Kata daripada merupakan kata depan untuk menandai perbandingan.


Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat yang memuat kesalahan penulisan kata adalah kalimat Peng-Indonesia-an kata asing dilakukan untuk memperkaya bahasa Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

135

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut!       Penanganan masalah pendidikan diantaranya ditempuh dengan membangun SD kecil untuk melayani kebutuhan pendidikan di daerah terpencil yang dilakukan pada pelita V, di...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia