Roboguru

Kalimat fakta pada teks kedua terdapat pada kalimat nomor ....

Pertanyaan

Kalimat fakta pada teks kedua terdapat pada kalimat nomor ....space space space 

  1. 1space space space 

  2. 2space space space 

  3. 3space space space 

  4. 4space space space 

  5. 5space space space 

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa informasi penting dalam teks editorial sebagai berikut.

  1. Isu merupakan masalah yang dijadikan topik pembahasan, Isu tersebut bersifat aktual, faktual, dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat
  2. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi.
  3. Opini atau pendapat berisi kalimat yang mengandung penilaian, pendapat, saran, atau kritik.
  4. Alternatif solusi merupakan pandangan penulis berkaitan dengan alternatif lain yang dijadikan pemecahan masalah atas masalah yang sedang dibahas.
  5. Posisi penulis adalah kedudukan penulis terhadap masalah yang sedang dibahas. Apakah penulis mendukung isu atau menentang isu yang sedang dibahas.


Kalimat fakta yang terdapat dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor 3, Kenyataannya dapat dilihat dari gejala yang timbul, yakni meningkatnya pelamar pada sekolah-sekolah dan munculnya beraneka ragam pendidikan nonformal, di samping pendidikan formal yang semakin banyak sebab mengemukakan kondisi yang terjadi di lapangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fakta pendukung opini pada teks editorial terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Opini merupakan gagasan atau pendapat yang dikemukakan dan bersifat subjektif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada dan terjadi. Fakta dapat berfungsi untuk memperkuat gagasan atau pendapat sehingga diharapkan dapat lebih meyakinkan pembaca.

Dalam teks di atas, gagasan atau pendapat yang diungkapkan adalah selain membangun jalan, pemerintah juga harus menyertakan pengawasan lapangan yang ketat. Data yang dapat memperkuat pendapat atau melatarbelakangi pendapat tersebut adalah pemerintah sudah menyediakan prasarana jalan yang memerlukan dana cukup tinggi dengan harapan para pengguna jalan bisa merasakan kenyamanan ketika mereka berkendara di jalan yang tersedia (terdapat pada kalimat ke-2).

Jadi, jawaban yang benar adalah B.undefined 

0

Roboguru

Opini dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Opini adalah sebuah pendapat, pandangan, atau anggapan. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata mungkin, bisa jadi, sebaiknya (seyogyanya), dan kata -kata lain yang menunjukkan sifat subjektivitas.

Opini dalam teks tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya. Kalimat tersebut dikatakan fakta karena menggunakan kata 'akan' yang menunjukkan sesuatu yang belum terjadi dan hanya berupa pendapat subjektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Perhatikan teks tajuk rencana berikut!       Intensitas hujan di beberapa wilayah Indonesia diperkirakan masih tinggi bulan ini, termasuk di wilayah pulau Jawa. Beberapa daerah kini memasuki musim hu...

Pembahasan Soal:

Fakta adalah perihal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan dan sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta merupakan cerminan tentang keadaan atau peristiwa. Oleh karena itu, fakta tidak dapat dibantah. Fakta dapat dilihat, didengar, atau diketahui oleh banyak pihak. Namun, fakta bisa saja berubah jika ditemukan fakta baru yang lebih jelas dan akurat. Fakta yang disajikan dalam teks editorial berupa peristiwa dan data terkait dengan peristiwa yang dibahas.  

Fakta dalam teks di atas adalah "Badan nasional penanggulangan bencana dalam kurung BNPB memetakan ada 169 titik banjir yang terjadi di Jawa Barat, DKI dan Banten."

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan C. undefined 

 

0

Roboguru

Bacalah kutipan teks editorial berikut! (1) Pernah terpikir soal berapa banyak pengguna internet saat ini? (2) “Bila Anda ingin memerdekakan sebuah masyarakat,” ujar Wael Ghonim, “yang Anda butuhkan...

Pembahasan Soal:

Fakta merupakan hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Fakta pada paragraf di atas terdapat pada kalimat (4), yaitu “Kala itu, Mesir sedang dalam masa revolusi yang akan menggulingkan pemerintahan otoriter Mubarak.” Fakta pada kalimat tersebut ditandai oleh kala itu yang berarti ‘waktu itu’. Dengan demikian, peristiwa yang disebutkan dalam kalimat (4) telah terjadi (fakta).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Tentukanlah informasi yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut!

Pembahasan Soal:

Informasi dalam teks editorial berkaitan dengan pendapat, alternatif, solusi, dan simpulan terhadap suatu isu. Berdasarkan kutipan teks editorial tersebut, informasi yang terkandung di dalamnya ialah korban jiwa akibat tsunami di Kota Palu belum dapat dipastikan, jaringan komunikasi terputus akibat gempa, gempa yang melanda wilayah Donggala berkekuatan 7,7 SR, terjadi gelombang tsunami akibat gemba dengan ketinggian 0,5-1,5 meter.

Dengan demikian, informasi yang tertuang dalam kutipan tajuk rencana tersebut ialah perihal informasi gempa dan beberapa akibat yang ditumbulkan dari gempa.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved