Roboguru

Kalimat berapa sajakah yang menunjukkan kalimat intransitif?

Pertanyaan

Kalimat berapa sajakah yang menunjukkan kalimat intransitif? space

Pembahasan Soal:

Kalimat intransitif adalah kalimat yang menggunakan verba atau kata kerja pada predikatnya. Verba yang digunakan merupakan verba yang tidak perlu ditambahkan dengan objek. Pola kalimat intransitif adalah Subjek – Predikat, Subjek – Predikat – Pelengkap, atau Subjek – Predikat – Keterangan. Kalimat intransitif juga tidak dapat dijadikan kalimat pasif.
Berdasarkan soal, kalimat yang menunjukkan kalimat intransitif adalah:
(1) Hasil pembicaraan dengan sekian banyak pimpinan negara itu mudah diterka: kesepakatan kerja sama dalam perdagangan, pendidikan, kesehatan, industri, dan kebudayaan.
Kalimat tersebut berpola Hasil pembicaraan dengan sekian banyak pimpinan negara itu sebagai subjek, mudah diterka sebagai predikat, dan kesepakatan kerja sama dalam perdagangan, pendidikan, kesehatan, industri, dan kebudayaan sebagai pelengkap.
(2) Ujung dari semua kesepakatan juga mudah diterka.
Kalimat tersebut berpola Ujung dari semua kesepakatan sebagai subjek dan juga mudah diterka sebagai predikat
(4) Semua kunjungan balasan akan berlangsung paling sedikit tiga hari, karena dalam setiap kunjungan balasan, masing-masing pemimpin negara dengan bersungguh-sungguh menunjukkan kemajuan-kemajuan negaranya, dan juga kekurangan-kekurangan negaranya.
Kalimat tersebut berpola Semua kunjungan balasan sebagai subjek, akan berlangsung sebagai Predikat, paling sedikit tiga hari sebagai keterangan, dan karena dalam setiap kunjungan balasan, masing-masing pemimpin negara dengan bersungguh-sungguh menunjukkan kemajuan-kemajuan negaranya, dan juga kekurangan-kekurangan negaranya sebagai pelengkap.

Dengan demikian, kalimat yang menunjukkan kalimat intransitif adalah kalimat ke-1, 2, dan 4.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaiki kalimat ini agar efektif! Obat oles ini sudah terbukti efektif menghilangkan kulit pecah-pecah.

Pembahasan Soal:

Terdapat istilah yang kurang tepat pada kalimat Obat oles ini sudah terbukti efektif menghilangkan kulit pecah-pecah yaitu istilah menghilang untuk makna pengobatan. maka dari itu, istilah yang kurang tepat untuk makna pengobatan adalah penyembuhan.

Dengan demikian kalimat efektif untuk memperbaiki soal tersebut adalah Obat oles ini sudah terbukti efektif untuk menyembuhkan masalah kulit pecah-pecah.space

 

Roboguru

Tulis predikat pada kalimat nomer (6) dari paragraf di atas!

Pembahasan Soal:

Predikat adalah bagian kalimat yang menandai apa yang dikatakan oleh pembicara tentang subjek. Ciri-ciri predikat yaitu:

  • Jawaban mengapa, bagaimana 
  • Dapat diingkarkan dengan tidak atau bukan 
  • Dapat didahului keterangan aspek: akan, sesudah, sedang, selalu, hampir 
  • Dapat didahului keterangan modalitas: sebaiknya, seharusnya, seyogyanya, mesti, selayaknya, dan lain-lain 
  • Tidak didahului kata yang, jika didahului yang predikat berubah fungsi menjadi perluasan subjek
  • Didahului kata adalah, ialah, yaitu, yakni 
  • Predikat dapat berupa kata benda, kata kerja, kata sifat atau bilangan.

Kalimat nomor yaitu hasil perkebunan, seperti tebu, karet, dan kopi serta hasil pertanian rakyat perlu diperlancar distribusinya untuk meningkatkan perekonomian petani kecil. Jadi, predikat pada kalimat nomer (6) dari paragraf di atas adalah diperlancar.undefined 

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut! (1) Berdasarkan penelitian mahasiswa UNY, kulit buah naga merah dapat menghasilkan imun. (2) Kulit buah naga merah memiliki kandungan antimikroba, antivirus, antibak...

Pembahasan Soal:

Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang memiliki objek. Kalimat ini dapat diubah menjadi kalimat pasif. Predikatnya merupakan kata kerja transitif yang berimbuhan me- atau memper-. Kalimat aktif transitif pada paragraf di atas, yaitu pada kalimat:

  1. Berdasarkan penelitian mahasiswa UNY, kulit buah naga merah dapat menghasilkan imun, pada kalimat tersebut objeknya adalah imun, predikatnya kata kerja me- yaitu menghasilkan
  2. Kulit buah naga merah memiliki kandungan antimikroba, antivirus, antibakteri, dan antioksidan yang tinggi. Pada kalimat tersebut, objeknya adalah kandungan antimikroba, antivirus, antibakteri dan antioksidan, sedangkan predikatnya kata kerja memiliki.
  3. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS. Pada kalimat tersebut objeknya adalah kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS, sedangkan predikatnya kata kerja meningkatkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Roboguru

Bacalah teks berikut! Petugas keamanan di salah satu SMP mengatakan bahwa sekolah melarang siswa mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah. Jika [ ... ](1) hal itu terjadi, sekolah akan [...](2) oran...

Pembahasan Soal:

Ada pelesapan unsur subjek pada anak kalimat pada bagian rumpang yang pertama. Subjek pada kalimat tersebut sama, sehingga dilakukan pelesapan pada anak kalimat, yakni kata sekolah. Struktur kalimat tersebut adalah kalimat aktif sehingga bagian rumpang 1 dapat diisi dengan kata kerja aktif yaitu diketahui. Bagian rumpang kedua dapat diisi dengan melihat kesantunan dalam kalimatnya. Diksi yang santun untuk menyatakan pihak sekolah “memanggil” orang tua murid adalah kata mengundang.

Roboguru

Cermatilah kalimat beriku! Jika penghuni kawasan ASEAN dituntut hanya berbahasa lnggris, saya percaya bahwa posisi bahasa Indonesia akan bergeser di negeri kita sendiri. Konjungsi yang terdapat dal...

Pembahasan Soal:

Konjungsi adalah kata yang menghubungkan antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Pada kalimat "Jika penghuni kawasan ASEAN dituntut hanya berbahasa lnggris, saya percaya bahwa posisi bahasa Indonesia akan bergeser di negeri kita sendiri" terdapat lebih dari satu klausa di dalamnya, yaitu:

Kata "jika" menghubungkan klausa "penghuni kawasan ASEAN dituntut hanya berbahasa lnggris" dengan "saya percaya bahwa posisi bahasa Indonesia akan bergeser di negeri kita sendiri", sedangkan kata "bahwa" menghubungkan klausa "saya percaya" dengan "posisi bahasa Indonesia akan bergeser di negeri kita sendiri". Itu artinya, konjungsi pada pada kalimat tersebut adalah "jika" dan "bahwa".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved