Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati penggalan teks berikut!


     (1) Dalam seminggu pada November, pohon mempunyai hajat. (2) Tanggal 22 adalah Hari Pohon Sedunia, sedangkan tanggal 28 merupakan Hari Menanam Pohon Nasional. (3) Dua perayaan itu, entah mengapa, tidak populer di Tanah Air. (4) Sekalipun tanam-menanam masih menjadi idola, fakta yang menunjukkan bahwa orang Indonesia pada umumnya baru suka menanam tanaman dalam pot. (5) Tenaga dan waktu lebih banyak digunakan untuk mengurusi hal-hal lain yang terkait dengan isu nasional, seperti politik, moralitas, dan kompetensi manusia abad ke-21. (6) Dengan secara rapi, isu-isu tersebut dikemas dalam sebuah sistem, baik dalam kurikulum maupun kebijakan yang lebih spesifik, mulai dari tingkat pusat, daerah, atau bahkan sekolah. (7) Isu-isu itu dipandang jauh lebih seksi dari tahun-tahun lalu hingga kini daripada isu tentang pohon. (8) Saat ini kita berada di awal abad ke-21. (9) Apalah arti pohon bagi abad ke-21? (10) Barangkali pertanyaan seperti itu yang muncul di benak kebanyakan orang Indonesia.space 

Diadaptasi dari: https://www.news.detik.com/space 

Kalimat (4) perlu disempurnakan dengan cara ....

Kalimat (4) perlu disempurnakan dengan cara ....space 

  1. menghapus sekalipunspace 

  2. menghapus masihspace 

  3. menambahkan masyarakat setelah idolaspace 

  4. mengganti bahwa dengan kalauspace 

  5. menghilangkan yang setelah faktaspace 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan E.

jawaban yang benar adalah pilihan E.space 

Iklan

Pembahasan

Keefektifan kalimat dalam sebuah artikel adalah hal yang wajib agar gagasan dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca. Syarat-syarat kalimat efektif ialah memiliki kesepadanan struktur, memiliki bentuk yang paralel, hemat kata, tidak memunculkan subjek secara berulang, dan yang terpenting memiliki kelogisan makna. kalimat (4) pada penggalan teks di atas masih perlu disempurnakan dengan menghilangkan kata tugas 'yang' sebelum kata 'menunjukkan' karena hal tersebut dapat menghilangkan fungsi predikat dalam sebuah kalimat yang juga dapat membuat kalimat tidak sepadan secara struktural. Berikut perbaikan kalimat (4) yang telah disempurnakan. "Sekalipun tanam-menanam masih menjadi idola, fakta menunjukkan bahwa orang Indonesia pada umumnya baru suka menanam tanaman dalam pot." Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.

Keefektifan kalimat dalam sebuah artikel adalah hal yang wajib agar gagasan dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca. Syarat-syarat kalimat efektif ialah memiliki kesepadanan struktur, memiliki bentuk yang paralel, hemat kata, tidak memunculkan subjek secara berulang, dan yang terpenting memiliki kelogisan makna.

kalimat (4) pada penggalan teks di atas masih perlu disempurnakan dengan menghilangkan kata tugas 'yang' sebelum kata 'menunjukkan' karena hal tersebut dapat menghilangkan fungsi predikat dalam sebuah kalimat yang juga dapat membuat kalimat tidak sepadan secara struktural. Berikut perbaikan kalimat (4) yang telah disempurnakan.

"Sekalipun tanam-menanam masih menjadi idola, fakta menunjukkan bahwa orang Indonesia pada umumnya baru suka menanam tanaman dalam pot."

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah....

32

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia