Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kalau Anda menekan karet penghapus dengan kuat, bagaimana kondisi karet penghapus tersebut? Jika tekanan Anda lepaskan, bagaimana kondisi karet penghapus tersebut? Jelaskan.

Kalau Anda menekan karet penghapus dengan kuat, bagaimana kondisi karet penghapus tersebut? Jika tekanan Anda lepaskan, bagaimana kondisi karet penghapus tersebut? Jelaskan. begin mathsize 14px style space end style 

Iklan

F. Afrianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Setiap benda elastis memiliki batas elastisitasnya, yang dikenal dengan modulus elastisitas atau modulus Young. Ketika suatu benda mengalami gaya yang terlalu besar sehingga melebihi modulus elastisitasnya, maka benda yang elastis tadi akan berubah menjadi tidak elastis lagi. Ketika karet penghapus ditekan sangat kuat, maka hal ini akan membuat modulus elastisitas karet penghapus tadi terlewati. Akibatnya karet penghapus akan rusak dan menjadi tidak elastis lagi. Karena karet ini sudah tidak elastis lagi, meskipun tekanan tersebut dilepaskan, karet tersebut tidak akan kembali lagi ke keadaan semulanya.

Setiap benda elastis memiliki batas elastisitasnya, yang dikenal dengan modulus elastisitas atau modulus Young. Ketika suatu benda mengalami gaya yang terlalu besar sehingga melebihi modulus elastisitasnya, maka benda yang elastis tadi akan berubah menjadi tidak elastis lagi. Ketika karet penghapus ditekan sangat kuat, maka hal ini akan membuat modulus elastisitas karet penghapus tadi terlewati. Akibatnya karet penghapus akan rusak dan menjadi tidak elastis lagi. Karena karet ini sudah tidak elastis lagi, meskipun tekanan tersebut dilepaskan, karet tersebut tidak akan kembali lagi ke keadaan semulanya.begin mathsize 14px style space end style 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

553

Muhammad faisal

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seutas kawat memiliki panjang 2 m dan luas penampang 4 mm 2 .Kawat ditarik dengan gaya 8 N sehingga bertambah panjang 0 , 0001 m . Hitunglah modulus elastisitas bahan pembuat kawat!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia