Roboguru

Kaidah bahasa yang tidak digunakan dalam penyusunan laporan adalah ....

Pertanyaan

Kaidah bahasa yang tidak digunakan dalam penyusunan laporan adalah ....space 

  1. kalimat yang digunakan singkat, padat, dan jelasspace 

  2. menggunakan kalimat yang komunikatif, yaitu sederhana dan mudah dipahamispace 

  3. menggunakan istilah-istilah yang membingungkan dan kurang dipahamispace 

  4. memperhatikan etika, estetika, dan logika bahasaspace 

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Adapun kaidah bahasa teks laporan hasil observasi sebagai berikut:

  1. Kalimat yang digunakan singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan kalimat yang komunikatif, yaitu sederhana dan mudah dipahami.
  3. Memperhatikan etika, estetika, dan logika bahasa.
  4. Menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu.
  5. Menggunakan kata baku, yaitu kata yang sesuai dengan kaidah tertentu.

Oleh karena itu, kaidah bahasa yang tidak digunakan dalam penyusunan laporan adalah menggunakan istilah-istilah yang membingungkan dan kurang dipahami.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud kelompok kata atau frasa?

Pembahasan Soal:

    Teks LHO merupakan teks yang berisi penjabaran tentang suatu objek melalui kegiatan pengamatan/ penelitian. Penjabaran tersebut harus sesuai fakta yang ada, berupa data-data yang akurat. hal ini bertujuan untuk memperkuat informasi yang disampaikan dalam bentuk teks.

Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi sebagai berikut.

  1. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi. Frasa merupakan satuan bahasa terkecil yang bersifat nonpredikat serta hanya menduduki satu fungsi dalam sebuah kalimat. Frasa nomina banyak dipakai dalam penyebutan jenis-jenis objek yang diamati. Misalnya wayang, orang, bunga mawar, dll.
  2. Menggunakan verba relasional, seperti ialah, merupakan, adalah, digolongkan, yaitu, termasuk, meliputi, terdiri atas, dan disebut.
  3. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti  hidup, makan, tidur, dan lahir.
  4. Menggunakan konjungsi atau kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), pertentangan (tetapi, sedangkan, namun), dan pilihan (atau).
  5. Menggunakan kata yang bersifat keilmuwan atau teknis, seperti herbivora, mamalia, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, sindrom, dan fobia.
  6. Menggunakan kata baku. Kata baku adalah kata-yang sesuai aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama dari bahasa baku, yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

    Dilihat dari ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi, frasa merupakan satuan bahasa terkecil yang bersifat nonpredikat serta hanya menduduki satu fungsi dalam sebuah kalimat. Sementara itu, kata merupakan unsur bahasa yang susunannya terdiri dari kumpulan huruf atau unit yang memiliki sebuah arti.

Dengan demikian, frasa merupakan satuan bahasa terkecil yang bersifat nonpredikat serta hanya menduduki satu fungsi dalam sebuah kalimat. Sedangkan kata merupakan unsur bahasa yang susunannya terdiri dari kumpulan huruf atau unit yang memiliki sebuah arti.space 

0

Roboguru

Persamaan isi kedua teks observasi di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang disusun dan didasarkan pada hasil pengamatan serta fakta yang ada melalui kalimat deskripsi. Setiap paragraf, memiliki gagasan utama, yaitu gagasan yang berfungsi sebagai pokok, patokan, atau dasar acuan. Inti dari gagasan utama menentukan isi teks tersebut. Oleh karena itu, persamaan isi kedua teks observasi di atas adalah membahas keunikan hewan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Perbaikan kesalahan ketidakpaduan kalimat (4) pada teks tersebut adalah….

Pembahasan Soal:

    Kohesi dan koherensi merupakan syarat utama kewacanaan atau tekstualitas, Keduanya merupakan konsep kepaduan. Pengertian Kohesi adalah Keterpaduan Bentuk sedangkan koherensi adalah Kepaduan Makna. Teks atau wacana yang kohesif berarti setiap unsur lahirnya terpadu secara internal dalam satuan teks tersebut. Tegasnya, setiap komponen teks lahir, misalnya kata aktual yang didengar atau dibaca, saling terhubung dalam rangkaian. Unsur-unsur komponen lahirnya harus saling tergantung. Jadi, kehadiran yang satu serasi dengan kehadiran yang lain baik bentuk maupun distribusinya. 
    Kalimat ke-4 tidak memiliki kepaduan makna dengan kalimat 1,2, dan 4. Kata merugikan seharusnya diubah menjadi menguntungkan agar memiliki kepaduan makna.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B. undefined
 

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan salah satu istilah yang terdapat dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kata istilah ialah kata-kata yang memiliki makna khusus pada suatu bidang keahlian. Istilah teknis bidang biologi terdapat pada kata berkembang biak.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 

0

Roboguru

Bagaimana dampak ekuinoks pada bulan September?

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan.

Dampak ekuinoks September dapat kita temukan pada kalimat keenam teks tersebut, yaitu “ekuinoks September menjadi penanda awal musim gugur untuk negara di belahan Bumi utara, musim semi untuk negara di belahan Bumi selatan, dan musim hujan untuk negara di ekuator.”

Dengan demikian, dampak ekuinoks September adalah menjadi penanda awal musim gugur untuk negara di belahan Bumi utara, musim semi untuk negara di belahan Bumi selatan, dan musim hujan untuk negara di ekuator.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved