Roboguru

Kacamata cekung digunakan untuk mengoreksi kelainan pada mata….

Pertanyaan

Kacamata cekung digunakan untuk mengoreksi kelainan pada mata….space spacespace space

  1. Presbiopispace space

  2. Rabun jauhspace space

  3. Rabun dekatspace space

  4. Rabun senjaspace space

Pembahasan Soal:

Miopi merupakan kelainan atau penyakit mata yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk melihat jelas pada jarak jauh (rabun jauh). Rabun jauh merupakan kondisi dimana bayangan benda jatuh didepan retina mata. Keadaan ini umumnya dibantu dengan penggunaan kacamata negatif yang berarti menggunakan lensa cekung untuk memperpanjang jarang bayangan benda sehingga tepat jatuh di retina.
Sehingga opsi jawaban yang tepat adalah Bspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelainan mata yang dapat diatasi dengan menggunakan kacamata lensa cekung adalah…

Pembahasan Soal:

Jika seseorang tidak mampu melihat dengan jelas benda-benda di jauh tak terhingga, maka orang tersebut mengalami rabun jauh atau disebut miopi. Penderita rabun jauh memiliki titik jauh lebih dekat daripada titik jauh mata normal dan titik dekatnya lebih pendek dari titik dekat mata normal. Untuk mengatasi cacat miopi, penderita ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa cekung (negatif/divergen). 

Roboguru

Tuliskan gangguan-gangguan pada mata dan cara mengatasinya.

Pembahasan Soal:

Gangguan yang dapat terjadi pada mata cukup banyak, namun ada beberapa yang cukup sering terjadi, diantaranya adalah miopia, disebabkan karena lensa mata terlalu cembung saat melihat bayangan yang jauh sehingga menyebabkan bayangan jatuh di depan retina, cara mengatasi gangguan ini dengan memakai alat bantu menggunakan lensa cekung saat melihat; hiperopia, disebabkan karena lensa mata terlalu pipih (cekung) saat melihat benda dekat sehingga menyebabkan bayangan jatuh di belakang retina, cara mengatasinya dapat memakai alat bantu berupa lensa cembung; Astigmatisma, diakibatkan oleh kecembungan kornea yang tidak merata sehingga bayangan yang terbentuk menjadi tidak fokus (kabur), dapat diatasi dengan alat bantu berupa lensa silinder; presbiopia, disebabkan karena daya akomodasi mata sudah berkurang sehingga titik penglihatan berubah-ubah, kelainan ini biasa terjadi pada orang yang telah lanjut usia, dapat diatasi dengan alat bantu memakai lensa rangkap.undefined 

Roboguru

Suatu kelainan apabila bayangan benda jatuh di depan bintik kuning dinamakan….

Pembahasan Soal:

Kelainan mata yang ditandai dengan bayangan benda jatuh di depan bintik kuning adalah rabun jauh atau miopi. Keadaan ini membuat penderita tidak dapat melihat benda dalam jarak jauh. Penyakit ini dapat dibantu dengan penggunaan kacamata negatif atau penggunaan lensa cekung untuk membuat bayangan benda tepat jatuh di retina.
Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah Bspace space

Roboguru

Mata miopia tidak dapat melihat objek yang berjarak jauh SEBAB Mata miopia dapat ditolong dengan kacamata lemsa cekung

Pembahasan Soal:

Jawaban : B Pembahasan : Miopia atau rabun jauh adalah gangguan mata yang tidak dapat melihat objek berjarak jauh. Hal ini terjadi karena fokus bayangan jatuh di depan retina. Umumnya, terjadi pada pelajar remaja. Rabun jauh dapat dibantu dengan menggunakan kaca mata berlensa cekung. Dengan demikian, kedua pernyataan adalah benar, namun tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat.

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud miopi, hipermetropi, dan presbiopi!

Pembahasan Soal:

Miopi, hipermertopi dan presbiopi merupakan kelainan yang terjadi pada mata. Miopi atau rabun jauh adalah jenis kelainan refraksi di mana benda yang dekat terlihat jelas, sedangkan benda yang jauh terlihat kabur. Hal ini disebabkan karena cahaya difokuskan di depan retina, tidak tepat di retina. Hipermetropi atau rabun dekat adalah jenis kelainan refraksi di mana benda yang jauh terlihat lebih jelas daripada benda yang dekat karena cahaya difokuskan di belakang retina. Presbiopi atau mata tua merupakan kondisi penurunan daya fokus pada benda-benda dekat akibat faktor usia. Pertambahan usia akan menyebabkan lensa kehilangan kekenyalannya secara alami sehingga menyulitkan untuk memfokuskan cahaya.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved