Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kabar burung seperti akan terjadi bencana hebat pada hari, bulan, dan tahun tertentu biasanya beredar dengan cepat di masyarakat walaupun belum tentu benar adanya. Jenis pengendalian sosial seperti contoh di atas termasuk ....

Kabar burung seperti akan terjadi bencana hebat pada hari, bulan, dan tahun tertentu biasanya beredar dengan cepat di masyarakat walaupun belum tentu benar adanya. Jenis pengendalian sosial seperti contoh di atas termasuk ....

  1. peringatan

  2. informasi

  3. hukuman

  4. teguran

  5. gosip

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bentuk pengendaliam sosial ada yang bersifat formal dan informal. Pengendalian dengan cara informal adalah cara pengendalian sosial yang dilakukan oleh kelompom kecil, akrab, bersifat tidak resmi dan tidak mempunyai aturan-aturan resmi yang tertulis. Bentuk informal salah satunya adalah Desas-desus atau gosip yaitu kabar angin yang berupa berita yang menyebar secara cepat dan kadang-kadang tidak berdsarkan fakta. Kebenaran berita ini masih diragukan. Adapaun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Peringatan merupakan suatu bentuk nasihat tetapi lebih ke larangan Teguran merupakan peringatan yang di tujukan kepada seseorang yang melanggar aturan atau menyimpang. Lisan, merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan cara mengajak orang yang menyimpang untuk kembali menaati peraturan ayang ada. Hukuman merupakan bentuk imbalan yang dilakukan oleh orang yang menyimpang, hukuman bisa berupa denda, penjara.

Bentuk pengendaliam sosial ada yang bersifat formal dan informal. Pengendalian dengan cara informal adalah cara pengendalian sosial yang dilakukan oleh kelompom kecil, akrab, bersifat tidak resmi dan tidak mempunyai aturan-aturan resmi yang tertulis. Bentuk informal salah satunya adalah Desas-desus atau gosip yaitu kabar angin yang berupa berita yang menyebar secara cepat dan kadang-kadang tidak berdsarkan fakta. Kebenaran berita ini masih diragukan.

Adapaun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Peringatan merupakan suatu bentuk nasihat tetapi lebih ke larangan
  • Teguran merupakan peringatan yang di tujukan kepada seseorang yang melanggar aturan atau menyimpang. Lisan, merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan cara mengajak orang yang menyimpang untuk kembali menaati peraturan ayang ada.
  • Hukuman merupakan bentuk imbalan yang dilakukan oleh orang yang menyimpang, hukuman bisa berupa denda, penjara.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

146

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurut Anda apabila terjadi kasus seperti itu, apa yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat?

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia