Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jumlah proton, elektron, dan neutron yang terdapat pada kation Ca 2 + , jika diketahui nomor atom dan nomor massanya adalah 20 dan 40 adalah ....

Jumlah proton, elektron, dan neutron yang terdapat pada kation , jika diketahui nomor atom dan nomor massanya adalah 20 dan 40 adalah ....

  1. 20, 80, dan 20

  2. 20, 16, dan 20

  3. 20, 20, dan 20

  4. 20, 18, dan 20

  5. 20, 20, dan 18

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space

Iklan

Pembahasan

Semua atom dapat diidentifikasi berdasarkan jumlah proton dan neutron yang dikandungnya. Jumlah proton dalam inti setiap atom suatu unsur disebut nomor atom ( atomic number ). Nomor atom diberi lambang Z . Nomor atom suatu unsur merupakan ciri khas atom unsur tersebut. Muatan atom suatu unsur selalu netral. Oleh karena itu, jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Hubungan antara nomor atom, proton, dan elektron dapat dituliskan sebagai berikut. Nomor atom = Z = jumlah proton = jumlah elektron Nomor massa ( mass number ) adalah jumlah neutron dan proton yang ada dalam inti atom suatu unsur. Nomor massa diberi lambang A . Massa elektron sangat kecil dibandingkan massa proton dan neutron sehingga dapat diabaikan. Secara umum, hubungan antara nomor massa, proton, dan neutron dapat dituliskan sebagai berikut. Nomor massa = A = jumlah proton + jumlah neutron Secara umum notasi atom bisa dituliskan seperti berikut: Z A ​ Unsur Jika suatu atom bermuatan positif disebabkan atom tersebut melepas elektron, sedangkan muatan negatif atom disebabkan karena menangkap elektron. Muatan tersebut ditentukan dari banyaknya elektron yang dilepas atau ditangkap. ion Ca 2 + berasal dari atom Ca yang melepas 2 elektronnya Jumlah proton ion Jumlah elektron Jumlah neutron ​ = = = ​ jumlah proton atom netral = nomor atom = 20 nomor atom − muatan = 20 − 2 = 18 nomor massa − nomor atom = 40 − 20 = 20 ​ Maka jumlah proton, elektron, dan neutron yang terdapat pada kation Ca 2 + berturut-turut adalah 20, 18, dan 20. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Semua atom dapat diidentifikasi berdasarkan jumlah proton dan neutron yang dikandungnya. Jumlah proton dalam inti setiap atom suatu unsur disebut nomor atom (atomic number). Nomor atom diberi lambang . Nomor atom suatu unsur merupakan ciri khas atom unsur tersebut. Muatan atom suatu unsur selalu netral. Oleh karena itu, jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Hubungan antara nomor atom, proton, dan elektron dapat dituliskan sebagai berikut.

Nomor atom =  = jumlah proton = jumlah elektron 

Nomor massa (mass number) adalah jumlah neutron dan proton yang ada dalam inti atom suatu unsur. Nomor massa diberi lambang . Massa elektron sangat kecil dibandingkan massa proton dan neutron sehingga dapat diabaikan. Secara umum, hubungan antara nomor massa, proton, dan neutron dapat dituliskan sebagai berikut.

Nomor massa = = jumlah proton + jumlah neutron 

Secara umum notasi atom bisa dituliskan seperti berikut: 

Jika suatu atom bermuatan positif disebabkan atom tersebut melepas elektron, sedangkan muatan negatif atom disebabkan karena menangkap elektron. Muatan tersebut ditentukan dari banyaknya elektron yang dilepas atau ditangkap. 

ion  berasal dari atom  yang melepas 2 elektronnya
 

 


Maka jumlah proton, elektron, dan neutron yang terdapat pada kation  berturut-turut adalah 20, 18, dan 20.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space

Latihan Bab

Partikel Penyusun Atom

Notasi Atom dan Ion

Isobar, Isoton, dan Isoelektron

Isotop

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Skema berikut menggambarkan unsur E . a. Lengkapi tabel berikut. b.Berapa nomor atom dan nomor massa unsur E ? c.Tuliskan rumus ion yang dibentuk oleh unsur E .

594

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia