Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jumlah penduduk wilayah A = 45.000 dan B 30.000 sedangkan jarak antara A dan B adalah 65 km. Dari data tersebut hitunglah jarak titik hentinya.

Jumlah penduduk wilayah A = 45.000 dan B 30.000 sedangkan jarak antara A dan B adalah 65 km. Dari data tersebut hitunglah jarak titik hentinya.

Iklan

D. Frabatu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

lokasi titik henti antara Kota A dan B adalah 29,27km diukur dari Kota A. Hal tersebut berarti bahwa penempatan lokasi pusat-pusat pelayanan sosial yang paling strategis adalah berjarak 29,27km dari Kota Asehingga dapat dijangkau oleh seluruh penduduk baik dari Kota A maupun Kota B.

lokasi titik henti antara Kota A dan B adalah 29,27 km diukur dari Kota A. Hal tersebut berarti bahwa penempatan lokasi pusat-pusat pelayanan sosial yang paling strategis adalah berjarak 29,27 km dari Kota A sehingga dapat dijangkau oleh seluruh penduduk baik dari Kota A maupun Kota B.

Iklan

Pembahasan

Diketahui : Jumlah penduduk kota A = 45.000 Jumlah penduduk kota B = 30.000 Jarak antara kota A dan B = 65 km Ditanya : Titik henti ? Jawab : Teori Titik Henti adalah sebuah teori yang dapat digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan pembangunan suatu tempat yang paling strategis dan optimal antar dua wilayah Untuk menghitung titik henti antar wilayah dengan menggunakan rumus : Keterangan : DAB =jaraklokasi titikhenti yang diuk:ur dari kota atau wilayah yangjurnlah penduduknya lebih kecildaripada kota A dAB= jarak antara daerah A dengan B PA = jumlahpenduduk wilayah A PB= jumlah penduduk wilayah B Besarnya titik henti antara wilayah A dan B = Jadi, lokasi titik henti antara Kota A dan B adalah 29,27km diukur dari Kota A. Hal tersebut berarti bahwa penempatan lokasi pusat-pusat pelayanan sosial yang paling strategis adalah berjarak 29,27km dari Kota Asehingga dapat dijangkau oleh seluruh penduduk baik dari Kota A maupun Kota B.

Diketahui : 

  • Jumlah penduduk kota A = 45.000
  • Jumlah penduduk kota B = 30.000
  • Jarak antara kota A dan B = 65 km

Ditanya : Titik henti ?

Jawab  :

  • Teori Titik Henti adalah sebuah teori yang dapat digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan pembangunan suatu tempat yang paling strategis dan optimal antar dua wilayah 
  • Untuk menghitung titik henti antar wilayah dengan menggunakan rumus :

            DAB space equals space fraction numerator dAB over denominator 1 space plus square root of begin display style PA over PB end style end root end fraction

  • Keterangan  :
  • DAB = jaraklokasi titikhenti yang diuk:ur dari kota atau wilayah yangjurnlah penduduknya lebih kecil daripada kota A
  • dAB = jarak antara daerah A dengan B
  • PA   = jumlah penduduk wilayah A
  • PB  = jumlah penduduk wilayah B

   Besarnya titik henti antara wilayah A dan B =

       DAB space equals space fraction numerator dAB over denominator 1 space plus square root of begin display style PA over PB end style end root end fraction DAB space equals space fraction numerator 65 space over denominator 1 space plus square root of begin display style 45000 over 30000 end style end root end fraction DAB space equals space fraction numerator 65 over denominator 1 space plus square root of begin display style 1 comma 5 end style end root end fraction DAB space equals space fraction numerator 65 over denominator 1 space plus square root of begin display style 1 comma 5 end style end root end fraction DAB space equals space fraction numerator 65 over denominator 1 space plus 1 comma 22 end fraction DAB space equals space fraction numerator 65 over denominator 2.22 end fraction bold italic D bold italic A bold italic B bold space bold equals bold space bold 29 bold comma bold space bold 27

Jadi, lokasi titik henti antara Kota A dan B adalah 29,27 km diukur dari Kota A. Hal tersebut berarti bahwa penempatan lokasi pusat-pusat pelayanan sosial yang paling strategis adalah berjarak 29,27 km dari Kota A sehingga dapat dijangkau oleh seluruh penduduk baik dari Kota A maupun Kota B.

Latihan Bab

Struktur Keruangan dan Perkembangan Desa

Struktur Keruangan dan Perkembangan Kota

Pola dan Faktor-faktor Interaksi Desa dan Kota

Usaha Pemerataan Pembangunan di Desa dan Kota

4rb+

Edvan Ramadhani

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jumlah penduduk wiIayah A adalah 64.000 jiwa, sedangkan penduduk wilayah B sekitar 4.000 jiwa.Jarak antara wilayah A dan B adalah sekitar 95 km. Jika di antara kedua wilayahini akan dibangunpusat perb...

800

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia