Roboguru

Joko dan Anwar mengamati mikroorganisme yang diambil dari air kolam. Setelah diidentifikasi melalui mikroskop diperoleh ciri-ciri berikut ini:  Tubuh berbentuk filamen.  Tidak memiliki klorofil.  Bersifat parasit.  Bersifat heterotrof.  Menghasilkan spora.  Mikroorganisme yang diamati tersebut termasuk dalam kelompok ...

Pertanyaan

Joko dan Anwar mengamati mikroorganisme yang diambil dari air kolam. Setelah diidentifikasi melalui mikroskop diperoleh ciri-ciri berikut ini: 

  1. Tubuh berbentuk filamen. 
  2. Tidak memiliki klorofil. 
  3. Bersifat parasit. 
  4. Bersifat heterotrof. 
  5. Menghasilkan spora. 

Mikroorganisme yang diamati tersebut termasuk dalam kelompok ...space 

  1. Eubacteriaspace 

  2. Archaebacteriaspace 

  3. Protista mirip jamurspace 

  4. Protista mirip hewanspace 

  5. Protista mirip tumbuhan space   

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri pada soal merujuk pada karakteristik jamur air (oomycota). Jamur air tergolong ke dalam protista mirip jamur. Protista ini memiliki struktur seperti filamen/benang (hifa tidak bersekat), tidak memiliki klorofil, menghasilkan spora dan bersifat parasit. Contoh oomycota antara lain Saprolegnia yang bersifat saprofit atau menyerap makanan pada hewan yang sudah mati, Phytophthora infestans yang merupakan parasit pada tanaman kentang, dan Phytophthora nicotinae yaitu parasit pada tanaman tembakau.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu C.spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jamur lendir dan jamur air keduanya dikelompokkan ke dalam Protista mirip jamur karena keduanya memiliki sifat mirip jamur, yaitu menghasilkan ....

Pembahasan Soal:

Jamur lendir (myxomycetes) dan jamur air (oomycetes) merupakan golongan protista mirip jamur. Keduanya digolongan ke dalam protista mirip jamur karena menghasilkan sporangium seperti jamur. Namun, jamur lendir dan jamur air tidak dimasukkan ke dalam kingdom Fungi karena memiliki sel-sel hidup yang bersifat amoeboid. Ketika lingkungan dalam kondisi menguntungkan, sel amoeboid jamur lendir dan jamur air bersifat mikroskopis dan berfungsi untuk mencari makan di lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, ketika kondisi lingkungan tidak menguntungkan (kekurangan sumber makanan), sel-sel amoeboid akan berkumpul membentuk tubuh buah yang mirip jamur.

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa jamur lendir dan jamur air digolongan ke dalam protista mirip jamur karena menghasilkan sporangium.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Protista dibagi menjadi tiga, yaitu protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan. 4a. Jelaskan alasan mengapa Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam Kingdom Fungi!

Pembahasan Soal:

Berikut alasan prostista mirip jamur, yaitu; jamur lendir dan jamur air tidak dimasukkan dalam kingdom Fungi.

  1. Struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan kelompok Fungi. Reproduksi jamur lendir mirip reproduksi Fungi, tetapi fase vegetatifnya bergerak mirip Amoeba.
  2. Prostista mirip jamur tidak berklorofil, tetapi struktur molekul membran sel jamur air mirip alga.

Jadi, protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam Kingdom Fungi karena cara bereproduksi dan struktur membran selnya yang berbeda.space space

0

Roboguru

Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, dapat disimpulkan organisme-organisme tersebut mirip hewan, tumbuhan, ataukah jamur? Mengapa?

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, Dictyostelium sp. dan Saprolegnia sp. termasuk ke dalam protista mirip jamur. Karena kedua organisme tersebut memiliki ciri bersifat heterotrof, bersifat eukariotik, tidak memiliki klorofil, makanan dan energi diperoleh dengan cara menguraikan materi organik dari makhluk hidup lainnya. Protista ini disebut mirip jamur karena kemiripan morfologinya. Protista ini menghasilkan spora dan bersifat saprofit. Perbedaannya dengan jamur, yaitu zigotnya memiliki flagel dan dapat bergerak secara amoeboid (bergerak seperti Amoeba). Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom fungi (jamur) karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan kelompok fungi. Kelompok jamur lendir seluler (Dictyostelium sp.) dan jamur air (Saprolegnia sp.) dimasukkan dalam kingdom protista. Kelompok ini memiliki ciri-ciri aktif seperti Amoeba yang akan berkembang menjadi fase multiseluler dan akan menghasilkan spora.space 

0

Roboguru

Berikut ini ciri-ciri Protista:  sel eukariota,  memiliki alat gerak berupa pseudopodia,  memiliki sel dengan flagela,  memiliki klorofil dan pigmen lainnya, dan  dinding sel tersusun oleh selu...

Pembahasan Soal:

Protista mirip jamur merupakan protista heterotrof yang memperoleh makanan dari organisme lain dengan cara menguraikan atau menelan makanannya. Protista termasuk ke dalam eukariota karena memiliki membran inti. Saat bereproduksi protista mirip jamur akan menghasilkan sel spora yang memiliki flagel atau sel amoboid yang haploid. Jamur air memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu B.spacespace

0

Roboguru

Tuliskan tiga ciri khas Protista jamur!

Pembahasan Soal:

Protista mirip jamur memiliki ciri-ciri diantaranya:

  1. Untuk pemenuhan makannnya dapat bersifat heterotrof, parasit, atau dekomposer
  2. Memiliki sel berflagel pada tertentu dalam daur hidupnya.
  3. Membentuk spora diploid dan hasil meiosis berupa gamet.
  4. Makanan dicerna secara fagosit, mirip dengan amoeba.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved