Roboguru

Jika unsur X mempunyai nomor atom 11 dan unsur Y mempunyai nomor atom 8, rumus senyawa yang terbentuk dan jenis ikatan yang terjadi adalah ....

Jika unsur X mempunyai nomor atom 11 dan unsur Y mempunyai nomor atom 8, rumus senyawa yang terbentuk dan jenis ikatan yang terjadi adalah ....undefined

Jawaban:

Dalam menentukan rumus senyawa dan jenis ikatan, terlebih dahulu kita menentukan konfigurasi elektron masing-masing atom.

begin mathsize 14px style X equals 2 space 8 space 1 Y equals 2 space 6 end style

Dari konfigurasi elektron di atas dan elektron valensinya, atom X merupakan atom dari golongan IA dan Y merupakan atom golongan VIA. Golongan IA bersifat logam sedangkan VIA bersifat non logam sehingga terbentuk ikatan ionik.

Ikatan ionik terjadi serah terima elektron antara atom X dan atom Y agar mencapai kondisi stabil atau oktet. Atom X perlu melepas 1 elektron untuk menstabilkan konfigurasi elektron menjadi konfigurasi gas ideal. Begitu pula Atom Y yang perlu menerima 2 elektron untuk menstabilkan konfigurasi elektron.

Agar serah-terima elektron memiliki jumlah yang sama maka atom X harus dikalikan 2 untuk melepaskan 2 elektron. Jadi senyawa yang terbentuk adalah begin mathsize 14px style X subscript 2 Y end style.

Jadi, ikatan yang terbentuk adalah ikatan ionik dengan rumus kimia begin mathsize 14px style X subscript 2 Y end style.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved