Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika terbentuk dua bintang A dan B, masing-masing mengambil tempatnya pada rangkaian utama diagramHertzsprung-Russel (H-R). Bintang A berada di sebelah kiri atas, sedang bintang B berada di sebelah kanan bawah suhu bintang A > suhu bintang B; magnitudo mutlak bintang A > magnitudo mutlak bintang B; massa asal pembentuk bintang A > massa asal pembentuk bintang B; umur bintang A > umur bintang B. ·

Jika terbentuk dua bintang A dan B, masing-masing mengambil tempatnya pada rangkaian utama diagram Hertzsprung-Russel (H-R). Bintang A berada di sebelah kiri atas, sedang bintang B berada di sebelah kanan bawah

  1. suhu bintang A > suhu bintang B;
  2. magnitudo mutlak bintang A > magnitudo mutlak bintang B;
  3. massa asal pembentuk bintang A > massa asal pembentuk bintang B;
  4. umur bintang A > umur bintang B. ·
  1. ...space  

  2. ...space 

Iklan

R. Sobirin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berikut diagram H-R yang menunjukkan letak bintang A dan B. Karena bintang A berada di sebelah kiri atas dan bintang B di sebelah kanan bawah maka sesuai dengan diagram di atas dapat dilihat bahwa suhu bintang A lebih tinggi dari bintang B. Bintang-bintang yang terletak di sebelah kiri atas memiliki tingkat kecerahan yang besar sehingga magnitudo mutlak bintang A lebih besar dari magnitudo mutlak bintang B. Bintang-bintang yang berada di sebelah kanan bawah disebut deret utama. Deret utama cenderung memiliki luminositas kecil sehingga bintang B berukuran lebih kecil dari bintang A. Fase bintang dimulai dari deret utama bawah, kemudian raksasa merah,deret utama atas, lalu kerdil putih. Sehingga semua pernyataan benar.

Berikut diagram H-R yang menunjukkan letak bintang A dan B.

Karena bintang A berada di sebelah kiri atas dan bintang B di sebelah kanan bawah maka sesuai dengan diagram di atas dapat dilihat bahwa suhu bintang A lebih tinggi dari bintang B.

Bintang-bintang yang terletak di sebelah kiri atas memiliki tingkat kecerahan yang besar sehingga magnitudo mutlak bintang A lebih besar dari magnitudo mutlak bintang B.

Bintang-bintang yang berada di sebelah kanan bawah disebut deret utama. Deret utama cenderung memiliki luminositas kecil sehingga bintang B berukuran lebih kecil dari bintang A.

Fase bintang dimulai dari deret utama bawah, kemudian raksasa merah, deret utama atas, lalu kerdil putih.space 

Sehingga semua pernyataan benar.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambar berikut adalah benda hitam sempurna yang meradiasi kalor. Perbandingan energi yang diradiasikan antara benda A dan B tiap detik adalah .... (EBTANAS)

31

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia