Roboguru

Jika produsen/tumbuhan bisa menyerap energi cahaya matahari sebesar 5.000.000 kkal, dan setiap perpindahan energi yang dapat digunakan oleh taraf trofik berikutnya hanya 10%, berapa besar energi yang dapat dimanfaatkan oleh burung sebagai konsumen ke II ?

Pertanyaan

Jika produsen/tumbuhan bisa menyerap energi cahaya matahari sebesar 5.000.000 kkal, dan setiap perpindahan energi yang dapat digunakan oleh taraf trofik berikutnya hanya 10%, berapa besar energi yang dapat dimanfaatkan oleh burung sebagai konsumen ke II ?space 

Pembahasan Soal:

Pemindahan (transfer) energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya melalui peristiwa makan dan dimakan yang disebut rantai makanan. Secara umum, akan terjadi penurunan energi pada tiap tahap tingkatan trofik. Jumlah total energi pada setiap tingkatan trofik ke arah konsumen puncak akan semakin kecil. Konsumen hanya mampu memanfaatkan 10% energi yang diperoleh dari organisme yang berada pada tingkat trofik di bawahnya karena sebagian besar energi terbuang sebagai panas.

Apabila produsen/tumbuhan bisa menyerap energi cahaya matahari sebesar 5.000.000 kkal, maka energi yang dapat dimanfaatkan oleh burung sebagai konsumen ke II yaitu :

begin mathsize 14px style D i k e t a h u i space E n e r g i space p a d a space p r o d u s e n space equals space 5.000.000 space k k a l  E n e r g i space p a d a space k o n s u m e n space t i n g k a t space I space y a i t u space colon 10 percent sign space cross times space 5.000.000 space k k a l space equals space 500.000 space k k a l  E n e r g i space p a d a space k o n s u m e n space t i n g k a t space I I space y a i t u space colon 10 percent sign space cross times space 500.000 space k k a l space equals space 50.000 space k k a l end style  

Dengan demikian burung sebagai konsumen tingkat II dapat memanfaatkan energi sebesar 50.000 kkal.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang menyebabkan terjadinya pengurangan energi pada setiap tingkat trofik pada piramida energi?

0

Roboguru

Berdasarkan gambar di bawah. Menurut pendapat kalian, manakah piramida yang terbaik diantara piramida jumlah, piramida biomassa dan piramida energi? Beri penjelasan ilmiahmu!

0

Roboguru

Semakin panjang jarak transfer energinya, akan semakin kecil aliran energinya. llustrasikan aliran energi tersebut menggunakan piramida energi.

0

Roboguru

Dalam suatu ekosistem danau terjadi perpindahan energi. Energi yang tersimpan paling tinggi terdapat di....

0

Roboguru

Perhatikan piramida ekologi berikut!   Jika besar energi tumbuhan hijau pada piramida di atas adalah 35.000 kJ. Maka besar energi untuk tingkatan trofik IV adalah ….

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved