Roboguru

Jika pertumbuhan ekonomi suatu negara mengalami perlambatan, upaya yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan perekonomian dengan menerapkan kebijakan ....

Pertanyaan

Jika pertumbuhan ekonomi suatu negara mengalami perlambatan, upaya yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan perekonomian dengan menerapkan kebijakan ....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kebijakan yang dapat diterapkan dalam upaya menyelamatkan perekonomian yang sedang terjadi perlambatan terbagi menjadi dua, yaitu kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

  1. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diambil oleh bank sentral dengan tujuan memelihara dan mencapai stabilitas perekonomian.
  2. Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berasal dari pemerintah yang memengaruhi perekonomian melalui perubahan pengeluaran dan penerimaan pemerintah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Maulanisuhud

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang harus dilakukan jika ekonomi kita turun?

Pembahasan Soal:

Indonesia akhirnya mengikuti tren yang tengah mendunia, yakni masuk ke jurang resesi ekonomi karena pandemi virus corona atau covid-19. Pasalnya, ekonomi tanah air negatif pada dua kuartal secara berturut-turut.

Yang harus dilakukan jika ekonomi kita turun :

  1. Pertama, cara paling dasar adalah mempertahankan daya beli masyarakat. Caranya dengan mempercepat lagi penyaluran bantuan sosial (bansos) dan program dukungan lainnya yang sudah ada di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
  2. Kedua, menjaga ketahanan dunia usaha. Misalnya dengan mempercepat realisasi insentif perpajakan dan relaksasi aturan lain. Tujuannya agar dunia usaha masih bisa berproduksi dan menangkap cuan di tengah tekanan pandemi.
  3. Ketiga, tetap menggenjot ekspor dan investasi. Pasalnya, kedua indikator ini juga penting kontribusi pertumbuhannya bagi laju ekonomi nasional, khususnya ketika konsumsi rumah tangga, penyumbang ekonomi terbesar tengah tertekan.
  4. Keempat, caranya dengan terus menciptakan lapangan kerja dan konsumsi kelas menengah atas. Tujuannya, agar beban fiskal berkurang dan simpanan para kelas menengah atas yang meningkat di perbankan bisa masuk ke ekonomi riil.
  5. Terakhir, pemerintah perlu segera merealisasikan pembangunan yang berkelanjutan, misalnya dengan mengutamakan energi baru terbarukan. Tujuannya, agar Indonesia bisa menyerap tren investasi hijau yang tengah diprioritaskan oleh para investor asing. undefined 

0

Roboguru

Apa yg harus dilakukan ketika perekonomian Indonesia tidak berjalan dengan lancar?

Pembahasan Soal:

Ketika Indonesia sedang mengalami ketidakstabilan perekonomian nasional seperti inflasi dan deflasi, maka pemerintah dapat menjalankan kebijakan fiskal melalui APBN yang telah ditetapkannya ataupun Bank Sentral (Bank Indonesia) dapat membantu pemerintah Indonesia untuk menstabilkan perekonomian nasional dari sektor perbankannya. Ketika perekonomian nasional tidak stabil disebabkan harga-harga barang sedang mengalami kenaikkan secara besar-besaran atau bisa disebut sebagai inflasi, maka pemerintah dan bank sentral dapat melakukan kebijakan moneter dan fiskal yang kontarktif dengan cara menaikkan suku bunga, menaikkan cadangan kas minimum, menjual surat berharga, dan memperketat pemberian kredit kepada masyarakat itu yang dapat dilakukan oleh bank sentral dalam menjalankan kebijakan moneter yang kontraktif, sedangkan pemerintah dalam menjalankan kebijakan fiskal yang kontraktif seperti menaikkan tarif pajak, menurunkan atau memilah pengeluaran negara. space 

0

Roboguru

Melalui politik diskonto, Bank Indonesia menurunkan suku bunga bank dari 7% menjadi 5%. Kebijakan moneter ini bertujuan ....

Pembahasan Soal:

Politik diskonto adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menambah dan mengurangi jumlah uang beredar melalui pengaturan tingkat suku bunga bank, berikut cara-cara yang dilakukan bank sentral dalam mengatur tingkat suku bunga.

Ketika bank sentral menaikkan suku bunga, maka bertujuan untuk mengurangi jumlah uang beredar di masyarakat. Naiknya suku bunga menyebabkan masyarakat atau bank umum akan cenderung menyimpan uangnya di bank. Sebaliknya, ketika bank sentral menurunkan suku bunga berarti bank sentral bertujuan untuk meningkatkan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Rendahnya suku bunga simpanan, menyebabkan minat menabung masyarakat berkurang dan banyak orang yang justru mengambil uang tabungannya, sehingga peredaran uang di masyarakat semakin meningkat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Kebijakan yang dilakukan diantaranya:   menaikkan suku bunga menjual Sertifikat Bank lndonesia (SBI) menaikkan cadangan kas di bank umum membatasi pemberian kredit. Tujuan dari kebijakan-kebi...

Pembahasan Soal:

Kebijakan diatas merupakan cara untuk mengatasi inflasi atau jumlah uang yang beredar secara berlebihan sehingga harga barang naik. Beberapa langkah kebijakan moneter kontraktif tersebut diantaranya menaikkan suku bunga, menjual Sertifikat Bank lndonesia (SBI), menaikkan cadangan kas di bank umum dan membatasi pemberian kredit.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

Negara Pandawa melakukan pembinaan ke UMKM (usaha mikro kecil dan menengah), mulai dari bahan baku, proses produksi, quality control, dan pemasaran. Pembinaan UMKM dilakukan dalam rangka meningkatkan ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi tersebut yang merupakan tujuan kebijakan moneter pemerintah negara Pandawa adalah memperbaiki neraca pembayaran, dengan cara meningkatkan ekspor hasil produksi UMKM ke pasar luar negeri.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin Cspace space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved