Roboguru

Jika pemerintah merencanakan pendapatan negara yang lebih besar dari pada pengeluaran berarti anggaran ...

Pertanyaan

Jika pemerintah merencanakan pendapatan negara yang lebih besar dari pada pengeluaran berarti anggaran ... undefined

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Pembahasan Soal:

Berdasarkan jumlah pemasukan dan pengeluarannya, kebijakan fiskal dibagi menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.

  1. Kebijakan anggaran surplus
    Kebijakan anggaran surplus merupakan kebijakan pemerintah dimana pendapatan atau pemasukan yang didapatkan oleh pemerintah tidak digunakan seluruhnya untuk pengeluaran. Hal ini akan menyebabkan tabungan pemerintah menjadi bertambah. Kebijakan anggaran surplus bekerja dengan cara pemasukan atau pendapatan anggaran harus lebih besar daripada pengeluaran.
  2. Kebijakan anggaran berimbang
    Kebijakan anggaran berimbang merupakan kebijakan dimana pemasukan atau pendapatan negara harus sama besar atau seimbang dengan pengeluaran negara yang disusun. Dalam kebijakan ini, pemerintah harus menyesuaikan pengeluaran yang dilakukan dengan pemasukan yang didapat.
  3. Kebijakan anggaran defisit
    Kebijakan anggaran defisit merupakan kebijakan pemerintah dimana pengeluaran anggaran lebih besar dari pendapatan atau pemasukan yang didapatkan. Sehingga kebijakan anggaran defisit merupakan kebalikan dari kebijakan anggaran surplus. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Limadua

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upaya yang dapat dilakukan dengan kebijakan anggaran surplus untuk mengatasi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok adalah ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan anggaran surplus yaitu kebijakan anggaran dimana pemerintah mengatur jumlah pendapatan lebih besar dari pada jumlah pengeluaran pemerintah.

Mengatasi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.
Mengurangi tingkat inflasi dengan cara menurunkan tingkat permintaan agregat terhadap barang/jasa. Penurunan tingkat permintaan agregat dapat melalui penurunan jumlah anggaran belanja negara, sehingga dalam (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) APBN, jumlah belanja negara lebih sedikit dibandingkan jumlah pendapatannya. Tujuan kebijakan anggaran surplus yaitu dengan mengurangi belanja negara maka akan diikuti dengan penurunan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Oleh karena itu pemerintah wajib menurunkan tingkat pengeluarannya sehingga jumlah permintaan terhadap barang/jasa akan menurun. Dampak dari kebijakan tersebut adalah menstabilkan tingkat harga barang-barang kebutuhan pokok.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. space space

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk instrumen kebijakan fiskal adalah ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal merupakan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini dilakukan oleh Kementerian Keuangan dengan memperbaiki kondisi perekonomian melalui pengeluaran (spending) dan penerimaan (income) yang di dalamnya terdapat unsur perpajakan (taxation).

Jadi, jawaban yang sesuai adalah C.space  

0

Roboguru

Berdasarkan anggarannya, kebijakan fiskal dibagi menjadi ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan sifatnya, kebijakan anggaran/fiskal dibagi menjadi 2 yaitu kebijakan kontraktif dan ekspansif. Namun, berdasarkan anggarannya kebijakan fiskal dibagi menjadi 4 yaitu kebijakan anggaran defisit, surplus, berimbang, dan dinamis. 

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

0

Roboguru

Kebijakan anggaran surplus adalah ….

Pembahasan Soal:

Kebijakan anggaran surplus merupakan kebalikan dari kebijakan anggaran defisit. Kebijakan anggaran surplus mencerminkan kondisi jumlah penerimaan negara lebih besar dibandingkan belanja negara.
 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. space space space 

0

Roboguru

Beberapa kebijakan dilakukan pemerintah dalam penyusunan anggaran belanja negara, yaitu anggaran defisit, anggaran surplus, dan anggaran berimbang. Anggaran belanja surplus biasanya digunakan dalam ke...

Pembahasan Soal:

Anggaran belanja surplus biasanya digunakan dalam keadaan perekonomian sedang dalam tahap ekspansif dan memanas (overheating). Overheating adalah kondisi perekonomian yang tumbuh positif, namun dibarengi dengan tingkat inflasi yang tinggi, dapat terjadi akibat kenaikan daya beli masyarakat. Dari sisi produsen juga terjadi kelebihan produksi karena memanfaatkan tingkat konsumsi yang tinggi. Kebijakan anggaran belanja surplus adalah kebijakan yang dilakukan dengan mengatur pengeluaran negara lebih kecil dari penerimaan negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved