Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika orang menyelamterlalu dalam, jelaskan mengapa gendang telinga bisa pecah!

Jika orang menyelam terlalu dalam, jelaskan mengapa gendang telinga bisa pecah!space 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Fenomena ini erat kaitannya dengan tekanan hidrostatis. Diketahui bahwa persamaan tekanan hidrostatis adalah sebagai berikut: Di mana h merupakan kedalaman fluida, mengindikasikan bahwa semakin dalam suatu fluida maka semakin besar tekanan hidrostatis yang dirasakan oleh objek yang berada pada titik tersebut. Gendang telinga manusia telah didesain untuk dapat bekerja dengan optimal pada tekanan udara ruang sehari-hari (sekitar 1 atm), semakin dalam orang tersebut berenang maka tekanan yang dialami oleh gendang telinga orang tersebut makin lama makin tinggi sampai pada titik di mana gendang telinga tidak mampu menahan tekanan yang diakibatkan oleh tekanan hidrostatis hingga gendang telinga tersebut pecah.

Fenomena ini erat kaitannya dengan tekanan hidrostatis. Diketahui bahwa persamaan tekanan hidrostatis adalah sebagai berikut:

begin mathsize 14px style P subscript h equals rho g h end style 

Di mana h merupakan kedalaman fluida, mengindikasikan bahwa semakin dalam suatu fluida maka semakin besar tekanan hidrostatis yang dirasakan oleh objek yang berada pada titik tersebut.
Gendang telinga manusia telah didesain untuk dapat bekerja dengan optimal pada tekanan udara ruang sehari-hari (sekitar 1 atm), semakin dalam orang tersebut berenang maka tekanan yang dialami oleh gendang telinga orang tersebut makin lama makin tinggi sampai pada titik di mana gendang telinga tidak mampu menahan tekanan yang diakibatkan oleh tekanan hidrostatis hingga gendang telinga tersebut pecah.undefined 

144

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

sebutkan contoh penerapan tekanan dalam kehidupan sehari-hari... (1 contoh tekanan zat padat, 1 contoh tekanan zat cair)

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia