Roboguru

Jika norma-norma sosial sudah menjiwai dan mendarah daging dalam diri setiap anggota masyarakat maka proses pelembagaan norma ini sudah mencapai tahap ....

Pertanyaan

Jika norma-norma sosial sudah menjiwai dan mendarah daging dalam diri setiap anggota masyarakat maka proses pelembagaan norma ini sudah mencapai tahap ....undefined 

  1. asimilasi

  2. enkulturasi

  3. akulturasi

  4. internalisasi

  5. kulturasi

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jika norma-norma sosial sudah menjiwai dan mendarah daging dalam diri setiap anggota masyarakat maka proses pelembagaan norma ini sudah mencapai tahap enkulturasi. Enkulturasi (pembudayaan) merupakan proses seorang individu dalam mempelajari dan menyesuaikan pikiran serta sikapnya dengan adat istiadat, sistem norma, dan peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaannya. Proses enkulturasi sejak kecil dimulai dari keluarga, kemudian dari teman-teman bermain. Adanya hubungan sosial tersebut, akan melahirkan tindakan yang membentuk suatu pola dan norma yang mengatur tindakannya menjadi suatu hal yang harus ditaati. Hampir semua aspek kehidupan manusia dalam bermasyarakat merupakan proses enkulturasi secara sadar maupun tidak sadar, sehingga hal tersebut sudah mendarah daging dalam jiwa seseorang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bundefined 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Munculnya pemberlakuan sistem ganjil genap sebagai sistem aturan baru telah menyesuaikan dengan permasalahan kemacetan saat ini. Dalam hal ini berkaitan dengan ….

Pembahasan Soal:

Munculnya nilai maupun norma baru tersebut menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman. Dalam hal ini, adalah semakin meningkatnya tuntutan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi dalam bepergian, yang padahal berdampak pada kemacetan. Namun dengan adanya aturan yang kuat dan diimbangi dengan fasilitas transportasi yang memadai, bukan tidak mungkin, budaya berkendara pribadi ini dapat berubah menjadi budaya bertransportasi. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Sebutkan dan temukan perubahan sosial yang terjadi di Yogyakarta khususnya pada bidang pendidikan, narasikan dalam satu paragraf ! ...

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan perubahan sosial yang terjadi di Yogyakarta khususnya pada bidang pendidikan.

Perubahan sosial adalah proses berubahnya tatanan atau struktur dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya. Contohnya, sebelum ada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat belum mengenal dan mahir akan teknologi. Segala proses yang dilakukan manual dan dengan waktu yang lama. Namun, setelah teknologi masuk dan berkembang, masyarakat paham dan mahir akan teknologi. Segalanya tak lepas dengan teknologi, sehingga masyarakat dapat melakukan segala hal dengan mudah dan cepat. Sama halnya dalam bidang pendidikan di Yogyakarta dan di belahan dunia lainnya, masuknya teknologi sebagai alat bantu siswa dalam menempuh pembelajaran. Misal, hari ini, banyak siswa yang menggunakan teknologi atau smartphone sebagai alat bantu dalam mengerjakan berbagai tugas, dan lain sebagainya.

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat disimpulkan perubahan sosial yang terjadi dalam bidang pendidikan adalah masuknya teknologi sebagai alat bantu siswa dalam menempuh pembelajaran.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan artikel berikut! Di era modern ini, berbagai inovasi telah dilakukan untuk menarik minat pembeli. Salah satu bentuk inovasi yang sekarang ini mulai menjamur dalam jual-beli adalah ...

Pembahasan Soal:

Kunci untuk menjawab soal yaitu, "Belanja online merupakan salah satu cara instan yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang yang dikehendaki tanpa harus pergi ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya dan membuang banyak waktu." Kemudahan tersebut dapat memengaruhi masyarakat menjadi lebih konsumtif. Pilihan A tidak tepat karena soal tidak membahas tentang budaya lokal. Pilihan B tidak tepat karena perubahan berdasarkan ilustrasi pada soal hanya akan mengubah pola kebiasaan konsumsi masyarakat. Pilihan C tidak tepat karena membeli barang secara online bukan termasuk penyalahgunaan teknologi. Pilihan E tidak tepat karena ilustrasi soal tidak membahas budaya lokal. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan bentuk-bentuk akomodasi!

Pembahasan Soal:

Akomodasi adalah upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pertikaian atau konflik oleh pihak-pihak yang bertikai. Adapun bentuk-bentuk dari akomdasi yaitu sebagai berikut :

  1. Koersi (coercion), yaitu bentuk akomodasi dimana pihak yang kuat mendominasi pihak yang lemah. Sebagai contoh, perbudakan.
  2. Kompromi (compromise), yaitu bentuk akomodasi dimana pihak yang saling bertentangan mengurangi tuntutan untuk meredakan ketegangan. 
  3. Abitrasi (arbitration), yaitu bentuk kompromi dengan bantuan pihak ketiga.
  4. Mediasi (mediation), yaitu bentuk arbitrasi namun pihak ketiga bersikap netral.
  5. Konsiliasi (conciliation), yaitu bentuk akomodasi dengan mempertemukan ekspektasi pihak-pihak yang berkonflik agar tercapai kesepakatan bersama. 
  6. Toleransi (tolerance), yaitu bentuk akomodasi yang terjadi spontan atau tidak direncanakan.
  7. Stalemate, yaitu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai memiliki kekuatan yang relatif seimbang sehingga pertikaian mereda dengan sendirinya.
  8. Ajudikasi (ajudication), yaitu bentuk akomodasi dimana penyelesaian sengketa dilaksanakan di pengadilan.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan perubahan sosial berikut! (1) Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik (2) Status pelajar SMA berubah naik menjadi mahasiswa ketika kuliah (3) Kebebasan berpendapa...

Pembahasan Soal:

Nilai adalah sesuatu yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sedangkan normal berarti seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya. Dengan penjelasan seperti ini maka yang termasuk lingkup perubahan nilai dan norma adalah opsi C. 1, 3, dan 5.

Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik menunjukkan adanya perubahan nilai dan norma yang selama ini dianut masyarakat. Jika mengacu pada nilai dan norma tradisional tugas seorang ibu adalah berperan dalam sektor domestik seperti mengurus suami, anak, dan urusan rumah tangganya namun kini mulai ada pergeseran peran kaum ibu ke sektor public.

Kebebasan berpendapat kini bisa diwujudkan melalui debat publik juga merupakan perubahan nilai dan norma. Sebab pada masa pemerintahan orde baru yang otoriter, kebebasan berpendapat adalah sesuatu yang sukar untuk didapatkan.

Ritual perkawinan melalui acara adat yang semakin sederhana juga merupakan perubahan nilai dan norma mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelanggarakan kegiatan tersebut tidaklah murah.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved