Pertanyaan

Musik Klasik Bantu Pertumbuhan Sayuran Hijau

Siapa sangka, ternyata musik bisa berguna dalam dunia pertanian. Salah satunya, musik klasik yang bisa membantu produktivitas pertumbuhan sawi hijau. Ini adalah hasil riset tiga peneliti Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor (IPB). Joko Prasetyo, Tineke Mandang dan I Dewa Made Subrata, menggunakan teknologi Sonic Bloom yang dapat membantu tanaman tumbuh dengan baik.

"Sonic Bloom memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi yang berfungsi memacu membukanya mulut daun (stomata) yang dipadu dengan pemberian nutrisi," ujar Joko, dalam siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (25/1/2015).

Joko menjelaskan, dalam penelitian tersebut, mereka memberi paparan suara musik klasik, noise dan campuran keduanya kepada tumbuhan sawi hijau. Paparan diberikan selama tiga jam, yakni pada pukul 07.00 hingga 10.00. "Hasil dari riset ini mengindikasikan bahwa paparan tersebut dapat meningkatkan faktor morfologi dan produktivitas sawi hijau jika dibandingkan dengan tanaman kontrol," imbuh Joko.

Riset juga menunjukkan, suara biola pada musik klasik merupakan perlakuan terbaik terhadap tanaman hijau. Ketika mendapat paparan suara biola, ada peningkatan daya berkecambah hingga 15 persen, tinggi tanaman 13,5 persen, lebar daun 14,8 persen, panjang daun 14,2 persen dan berat basah 57,1 persen.

(Sumber : https://news.okezone.com/read/2015/01/24/65/1096656/musik-klasik-bantu-pertumbuhan-sayuran-hijau diakses 2 Maret 2016

Jika musik klasik dapat membantu pertumbuhan tanaman, apakah musik klasik dapat dikategorikan sebagai nutrisi? Jelaskan jawaban Anda!

Jika musik klasik dapat membantu pertumbuhan tanaman, apakah musik klasik dapat dikategorikan sebagai nutrisi? Jelaskan jawaban Anda!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

musik klasik bukan termasuk ke dalam nutrisi.

musik klasik bukan termasuk ke dalam nutrisi.  

Pembahasan

Pembahasan

Tidak, musik klasik tidak dapat dikatagorikan sebagai nutrisi. Hal yang dimaksud nutrisi adalah zat-zat makanan diperlukan sebagai sumber energi dan sebagai penyusun komponen-komponen sel bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Nutrisi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu unsur makro (makronutrisi) dan unsur mikro (mikronutrisi). Unsur makro (yaitu, unsur yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah banyak), antara lain karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur, fosfor, potasium (kalium), dan magnesium. Unsur mikro (yaitu, unsur yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah sedikit) terdiri atas besi, tembaga, seng, mangan, kobalt, natrium, boron, klor, dan molibdenum. Semua unsur tersebut harus selalu tersedia, meskipun diperlukan hanya dalam jumlah sedikit. Apabila suatu unsur tidak dapat tercukupi, tanaman akan mengalami defisiensi. Defisiensi suatu unsur akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman terganggu. Berdasarkan hasil penelitian pada narasi di atas, pemberian musik klasik atau teknologi Sonic Bloom pada tanamanmemanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi yang berfungsi memacu membukanya mulut daun (stomata), namun harusdipadu juga dengan pemberian nutrisi.Dengan demikian, musik klasik bukan termasuk ke dalam nutrisi.

Tidak, musik klasik tidak dapat dikatagorikan sebagai nutrisi. Hal yang dimaksud nutrisi adalah zat-zat makanan diperlukan sebagai sumber energi dan sebagai penyusun komponen-komponen sel bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Nutrisi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu unsur makro (makronutrisi) dan unsur mikro (mikronutrisi). Unsur makro (yaitu, unsur yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah banyak), antara lain karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur, fosfor, potasium (kalium), dan magnesium. Unsur mikro (yaitu, unsur yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah sedikit) terdiri atas besi, tembaga, seng, mangan, kobalt, natrium, boron, klor, dan molibdenum. Semua unsur tersebut harus selalu tersedia, meskipun diperlukan hanya dalam jumlah sedikit. Apabila suatu unsur tidak dapat tercukupi, tanaman akan mengalami defisiensi. Defisiensi suatu unsur akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman terganggu.

Berdasarkan hasil penelitian pada narasi di atas, pemberian musik klasik atau teknologi Sonic Bloom pada tanaman memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi yang berfungsi memacu membukanya mulut daun (stomata), namun harus dipadu juga dengan pemberian nutrisi. Dengan demikian, musik klasik bukan termasuk ke dalam nutrisi.  

668

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah kaitan antara terbukanya stomata dengan penyerapan nutrisi? Apakah nutrisi (pupuk) dapat diserap melalui daun?

822

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia