Jika motif kedatangannya semata-mata untuk perdagangan komoditas produk yang laku dipasaran, mengapa bangsa Barat merampas dan mengganggu kedaulatan kerajaan kerajaan yang ada di Nusantara?

Pertanyaan

Jika motif kedatangannya semata-mata untuk perdagangan komoditas produk yang laku dipasaran, mengapa bangsa Barat merampas dan mengganggu kedaulatan kerajaan kerajaan yang ada di Nusantara? space space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

alasan bangsa barat merampas dan mengganggu kedaulatan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara adalah untuk memperoleh monopoli perdagangan serta daerah taklukan.

Pembahasan

Pembahasan

Pasca jatuhnya kekuasaan Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada tahun 1453, akses perdagangan rempah-rempah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup dari bangsa barat. Hal tersebut mengakibatkan munculnya penjelajahan samudera untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah. Penjelajahan samudera oleh bangsa barat dibarengi dengan semangat 3G, Gold, Glory, Gospel. Gold yakni semangat untuk mencari harta dan kekayaan, Glory yakni semangat untuk mencari kejayaan, sedangkan Gospel merupakan semangat untuk penyebaran ajaran Nasrani. Maka dari itu, setelah bangsa barat tiba di Nusantara, mereka tidak serta merta hanya mencari komoditas dagang, tetapi juga merampas dan mengganggu kedaulatan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh monopoli perdagangan serta daerah taklukan.

Dengan demikian, alasan bangsa barat merampas dan mengganggu kedaulatan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara adalah untuk memperoleh monopoli perdagangan serta daerah taklukan.

108

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Semboyan glory yang dijunjung bangsa Eropa saat melakukan penjelajahan samudera mampu mendorong lahirnya imperialisme kuno karena ....

5rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia