Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika inti sel dari sel hewan dan sel tumbuhan diambil, apakah yang akan terjadi?

Jika inti sel dari sel hewan dan sel tumbuhan diambil, apakah yang akan terjadi?space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Inti sel (nukleus) merupakan salah satu bagian utama pada setiap sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan.Inti sel adalah pengendali aktivitas sel dan pembawa materi genetik.Di dalam inti sel terdapat: Nukleolus (anak inti) yang berfungsi menyintesis berbagai macam molekul RNA (asam ribonukleat) yang digunakan dalam perakitan ribosom. Ribosom penting bagi sintesis protein dalam sel. Nukleoplasma (cairan inti), merupakan zat yang tersusun dari protein. Butiran kromatin yang terdapat pada nukleoplasma, tampak jelas pada saat sel tidak membelah. Pada saat sel membelah, butiran kromatin menebal menjadi struktur seperti benang yang disebut kromosom. Kromosom mengandung DNA (asam deoksiribonukleat) yang berfungsi menyampaikan informasi genetik melalui sintesis protein Apabila inti sel diambil, maka sel tidak akan bisa tumbuh, bermetabolisme, bereproduksi, ataupun membentuk protein yang diperlukan, sehingga sel akan mati.

Inti sel (nukleus) merupakan salah satu bagian utama pada setiap sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan. Inti sel adalah pengendali aktivitas sel dan pembawa materi genetik. Di dalam inti sel terdapat:

  1. Nukleolus (anak inti) yang berfungsi menyintesis berbagai macam molekul RNA (asam ribonukleat) yang digunakan dalam perakitan ribosom. Ribosom penting bagi sintesis protein dalam sel.
  2. Nukleoplasma (cairan inti), merupakan zat yang tersusun dari protein.
  3. Butiran kromatin yang terdapat pada nukleoplasma, tampak jelas pada saat sel tidak membelah. Pada saat sel membelah, butiran kromatin menebal menjadi struktur seperti benang yang disebut kromosom. Kromosom mengandung DNA (asam deoksiribonukleat) yang berfungsi menyampaikan informasi genetik melalui sintesis protein

Apabila inti sel diambil, maka sel tidak akan bisa tumbuh, bermetabolisme, bereproduksi, ataupun membentuk protein yang diperlukan, sehingga sel akan mati.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagian-bagian sel yang tidak terdapat di luar nukleus adalah ....

4

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia