Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika hanya ada RTK, RTP dan RTN maka disebut model perekonomian .…

Jika hanya ada RTK, RTP dan RTN maka disebut model perekonomian .…space  

  1. inputspace 

  2. terbukaspace 

  3. tertutupspace 

  4. outputspace 

  5. pelaku ekonomispace 

Iklan

N. Nurlaila

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space space  

Iklan

Pembahasan

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat tiga macam model perekonomian yaitu model perekonomian sederhana, tertutup, dan terbuka. Model perekonomian ini bisa juga disebut sebagai arus lingkar ( circular flow ) dari kegiatan ekonomi. Berikut ini adalah tiga macam model perekonomian : Perekonomian sederhana , pada model perekonomian sederhana hanya terdapat dua pelaku kegiatan ekonomi yang berperan didalamnya yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK) dan Rumah Tangga Produsen (RTP). Hal itu pula yang menyebabakan model perekonomian sederhana sering disebut sebagai model perekonomian dua sektor. Perekonomian tertutup , yaitu model perekonomian yang melibatkan tiga pelaku kegiatan ekonomi didalamnya yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Negara (RTN)/pemerintah. Karena terdapat tiga pelaku kegiatan ekonomi yang berperan didalamnya, model perekonomian tertutup juga sering disebut sebagai model perekonomian tiga sektor. Perekonomian terbuka , disebut sebagai model perekonomian terbuka karena dalam kegiatannya melibatkan masyarakat luar negeri sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi.Sehingga terdapat empat pelaku kegiatan ekonomi didalamnya yaitu, Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), Pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Model perekonomian terbuka sering juga disebut sebagai model perekonomian empat sektor. Jadi, jawaban yang tepat adalah C .

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat tiga macam model perekonomian yaitu model perekonomian sederhana, tertutup, dan terbuka. Model perekonomian ini bisa juga disebut sebagai arus lingkar (circular flow) dari kegiatan ekonomi. Berikut ini adalah tiga macam model perekonomian : 

  • Perekonomian sederhana, pada model perekonomian sederhana hanya terdapat dua pelaku kegiatan ekonomi yang berperan didalamnya yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK) dan Rumah Tangga Produsen (RTP). Hal itu pula yang menyebabakan model perekonomian sederhana sering disebut sebagai model perekonomian dua sektor. 
  • Perekonomian tertutup, yaitu model perekonomian yang melibatkan tiga pelaku kegiatan ekonomi didalamnya yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Negara (RTN)/pemerintah. Karena terdapat tiga pelaku kegiatan ekonomi yang berperan didalamnya, model perekonomian tertutup juga sering disebut sebagai model perekonomian tiga sektor.
  • Perekonomian terbuka, disebut sebagai model perekonomian terbuka karena dalam kegiatannya melibatkan masyarakat luar negeri sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi.  Sehingga terdapat empat pelaku kegiatan ekonomi didalamnya yaitu, Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), Pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Model perekonomian terbuka sering juga disebut sebagai model perekonomian empat sektor. space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu pasar input adalah pasar input modal. Modal dapat diperjualbelikan dan dimiliki oleh siapa pun. Dalam pasar input modal, terdapat pasar modal yang berfungsi sebagai ....

466

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia