Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika gaya gravitasi menyebabkan apel jatuh dari pohon lalu mengapa asap bergerak ke atas?

Jika gaya gravitasi menyebabkan apel jatuh dari pohon lalu mengapa asap bergerak ke atas?

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Asap merupakan uap air yang tercampur dengan serpihan-serpihan bahan yang tidak terbakar.Serpihan bahan yang ikut bersama asapberukuran sangat kecil hingga tak terlihat oleh mata dan terdiri dari beragam molekul, tergantung bahan apa yang dibakar. Suhu asap yang cukup tinggi akan memicu pemuaian sehingga jarak antar serpihan kecil tadi relatif berjauhan dan kerapatannya menjadi rendah jika dibandingkan dengan udara di sekelilingnya. Kerapatan yang rendah ini menyebabkan asap akan bergerak naik ke atas, miripdengan kejadian ketika benda mengapung di air jika kerapatannya lebih rendah dibanding kerapatanair.

Asap merupakan uap air yang tercampur dengan serpihan-serpihan bahan yang tidak terbakar. Serpihan bahan yang ikut bersama asap berukuran sangat kecil hingga tak terlihat oleh mata dan terdiri dari beragam molekul, tergantung bahan apa yang dibakar.

Suhu asap yang cukup tinggi akan memicu pemuaian sehingga jarak antar serpihan kecil tadi relatif berjauhan dan kerapatannya menjadi rendah jika dibandingkan dengan udara di sekelilingnya. Kerapatan yang rendah ini menyebabkan asap akan bergerak naik ke atas, mirip dengan kejadian ketika benda mengapung di air jika kerapatannya lebih rendah dibanding kerapatan air.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Satelit palapa bermassa 500 kg mengorbit bumi dengan jari jari 50.000 km di ukur dari pusat bumi. Berapa besar gaya gravitasi bumi yang bekerja pada satelit tersebut,jika massa bumi 5,98 × 10²⁴ kg?

40

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia