Roboguru

Jika dua pasang kromosom homolog patah pada tempat...

Jika dua pasang kromosom homolog patah pada tempat tertentu dan patahan tersebut tertukar secara sempurna, maka mutasinya disebut . . . .undefined 

  1. Translokasi tunggalundefined 

  2. Translokasi perpindahanundefined 

  3. Translokasi resiprokundefined 

  4. Translokasi resiprok homozigotundefined 

  5. Translokasi resiprok heterozigotundefined 

Jawaban:

Translokasi kromosom adalah peristiwa kromosom patah, kemudian segmen patahannya melekat kembali pada kromosom yang bukan sehomolog. Translokasi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Translokasi tunggal, apabila patahan dari kromosom satu akan menempel pada ujung kromosom lainnya yang bukan homolognya.
  2. Translokasi perpindahan, apabila kromosom pertama patah di dua tempat dan kromosom yang satunya patah pada satu tempat. Patahan kromosom yang dua tempat akan menyisip patahan kromosom yang patahannya satu tempat.
  3. Translokasi resiprok, apabila kromosom nonhomolog saling bertukar fragmen. Translokasi resiprok dibedakan menjadi dua macam, yaitu translokasi resiprok homozigot dan translokasi resiprok heterozigot. Translokasi resiprok homozigot terjadi jika dua pasang kromosom translokasi mempunyai gen-gen yang sama. Translokasi resiprok heterozigot terjadi jika dua pasang kromosom translokasi mempunyai gen-gen yang tidak sama.undefined 

Jawabannya D.Translokasi resiprok homozigot.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved