Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jepang membagi Indonesia menjadi tiga wilayah, yaitu: Sumatera Jawa dan Madura Kalimantan dan Indonesia Timur. Jepang menganggap wilayah 1 dan 3 memiliki potensi sumber daya .. ..

Jepang membagi Indonesia menjadi tiga wilayah, yaitu:

  1. Sumatera
  2. Jawa dan Madura
  3. Kalimantan dan Indonesia Timur.

Jepang menganggap wilayah 1 dan 3 memiliki potensi sumber daya .. ..

  1. Politik.

  2. Militer.

  3. Manusia.

  4. Alam.

  5. Pangan.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia, dan pulau terbesar kedua di Indonesia setelah pulau Papua, dengan luas 743,330 km2, dimana 73% atau 544,150 km2 adalah wilayah Indonesia. Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau yang kaya akan hasil alam, baik berupa hasil perhutanan maupun pertambangan. Batubara merupakan hasil tambang yang besar di Kalimantan . Sangatta di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur adalah lokasi tambang batubara terbuka (open pit) terbesar di dunia. Tambang ini dikelola PT Kaltim Prima Coal (KPC) . luas lahan konsesinya mencapai 90.938 hektar. dengan kapasitas produksi mencapai 50 juta ton per tahun. Selain di Sangatta, tambang batu bara juga dapat ditemui di kabupaten Berau. Kalimantan Timur merupakan penghasil minyak bumi terbesar kedua di Indonesia setelah Riau. Tambang minyak terletak di Kalimantan Timur, yaitu di dekat kota Samarinda, Balikpapan dan Tarakan. Tambang minyak ini kebanyakan berada di lepas pantai. Kalimantan juga menghasilkan banyak kayu hutan, mulai dari ulin, meranti, bengkirang, kayu kapur dan kruwing. Kualitas kayu yang dihasilkan dari Pulau Kalimantan ternyata tak kalah kuat bila dibandingkan kayu jati yang dihasilkan dari hutan Pulau Jawa dan Sumatera. Kayu ini ditebang dari hutan produksi di pedalaman Kalimantan . Kalimantan Tengah adalah pusat industri rotan, dengan pengolahan dilakukan di Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin dan Kota Palangkaraya, , memiliki kerajinan khas anyaman rotan. Kerajinan tangan yang dibuat berbahan dasar rotan tersebut seperti tikar, tas, kursi, sajadah, topi bahkan sampai tempat untuk membawa bunga.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia, dan pulau terbesar kedua di Indonesia setelah pulau Papua, dengan luas 743,330 km2, dimana 73% atau 544,150 km2 adalah wilayah Indonesia. Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau yang kaya akan hasil alam, baik berupa hasil perhutanan maupun pertambangan. Batubara merupakan hasil tambang yang besar di Kalimantan . Sangatta di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur adalah lokasi tambang batubara terbuka (open pit) terbesar di dunia. Tambang ini dikelola PT Kaltim Prima Coal (KPC) . luas lahan konsesinya mencapai 90.938 hektar. dengan kapasitas produksi mencapai 50 juta ton per tahun. Selain di Sangatta, tambang batu bara juga dapat ditemui di kabupaten Berau. Kalimantan Timur merupakan penghasil minyak bumi terbesar kedua di Indonesia setelah Riau. Tambang minyak terletak di Kalimantan Timur, yaitu di dekat kota Samarinda, Balikpapan dan Tarakan. Tambang minyak ini kebanyakan berada di lepas pantai. Kalimantan juga menghasilkan banyak kayu hutan, mulai dari ulin, meranti, bengkirang, kayu kapur dan kruwing. Kualitas kayu yang dihasilkan dari Pulau Kalimantan ternyata tak kalah kuat bila dibandingkan kayu jati yang dihasilkan dari hutan Pulau Jawa dan Sumatera. Kayu ini ditebang dari hutan produksi di pedalaman Kalimantan . Kalimantan Tengah adalah pusat industri rotan, dengan pengolahan dilakukan di Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin dan Kota Palangkaraya, , memiliki kerajinan khas anyaman rotan. Kerajinan tangan yang dibuat berbahan dasar rotan tersebut seperti tikar, tas, kursi, sajadah, topi bahkan sampai tempat untuk membawa bunga.

Konsep Kilat Pendudukan Jepang di Indonesia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Pendudukan Jepang di Indonesia (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

248

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peta sejarah Indonesia di atas menggambarkan .. ..

507

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia