Roboguru

Jenis tanaman yang banyak dihidroponikkan dari golongan tanaman hias, yaitu ....

Pertanyaan

Jenis tanaman yang banyak dihidroponikkan dari golongan tanaman hias, yaitu .... 

  1. sawi 

  2. mentimun 

  3. belimbing 

  4. aglonema 

Pembahasan Soal:

Aglonema adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Tanaman aglonema dapat dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Ahmad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangkanlah pernyataan berikut dengan jawaban di dalam kotak!  Budidaya tanaman dalam media pasir atau air.

Pembahasan Soal:

Hidroponik berasal dari kata Yunani, yaitu hydro (air) dan ponos (mengerjakan). Hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah. Suatu tanaman dapat tumbuh dalam medium hidroponik karena elemen dasar yang dibutuhkan tanaman sebenarnya bukanlah tanah, tetapi zat makanan dan air yang terkandung dalam tanah yang diserap akar. Dapat disimpulkan bahwa suatu tanaman dapat tumbuh tanpa tanah, asalkan diberikan cukup air dan garam-garam mineral. Media tanam hidroponik dapat berupa kerikil, air, pasir, sabut kelapa, zat silikat, pecahan batu karang atau batu bata, potongan kayu, atau busa.

Dengan demikian, pasangan jawaban yang tepat adalah C. 

 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan hidroponik?

Pembahasan Soal:

Hidroponik merupakan suatu cara penanaman tumbuhan dengan menggunakan larutan nutrisi dan mineral dalam air dan tanpa menggunakan tanah. Tanaman darat khusunya sayuran seperti paprika, tomat, timun, melon, terong, selada dapat ditumbuhkan secara langsung dalam wadah yang berisi nutrisi atau dengan ditambah medium yang tak larut dalam air, misalnya kerikil, arang, sekam, spons, serbuk kayu, wool sintetik,dan lain sebagainya. Ilmu wan menemukan bahwa tumbuhan menyerap nutrisi yang penting dalam bentuk ion-ion yang terlarut dalam air.

Dengan demikian, hidroponik merupakan suatu cara penanaman tumbuhan dengan menggunakan larutan nutrisi dan mineral dalam air dan tanpa menggunakan tanah. 

0

Roboguru

Bagaimana tumbuhan bisa hidup dengan sistem hidroponik?

Pembahasan Soal:

Sistem hidroponik merupakan sistem menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah. Suatu tanaman dapat tumbuh dengan baik jika kebutuhan akan cahaya matahari, air, serta nutrisinya terpenuhi. Media tanam pengganti tanah bermacam-macam, misalnya air. Dalam sistem hidroponik, air yang digunakan mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh. 

Dengan demikian, walaupun tanaman ditanam dengan sistem hidroponik, namun tanaman dapat tetap hidup karena air dan nutrisi yang dibutuhkannya terpenuhi.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan keuntungan menanam dengan teknik hidroponik!

Pembahasan Soal:

Hidroponik adalah teknologi bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah namun menggunakan air dan larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman sebagai media tumbuh. Hidroponik menggunakan media tanam selain tanah seperti rockwool, arang sekam, zeolit, dan berbagai media yang ringan dan steril lainnya. Pada sistem pertanian menggunakan hidroponik, hal yang ditekankan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Oleh karena itu, meskipun tidak melibatkan tanah dalam media tanamnya, tanaman hidroponik tetap tumbuh karena nutrisinya dapat tetap terpenuhi melalui media tanamnya, bahkan kualitasnya dapat lebih unggul daripada tanaman biasa.

Berikut ini merupakan keuntungan menanam dengan sistem hidroponik yaitu:

  1. Penggunaan lahan lebih efisien.
  2. Tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah.
  3. Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih.
  4. Penggunaan pupuk dan air lebih efisien.
  5. Pengendalian hama dan penyakit lebih mudah.space 

0

Roboguru

Rogu ingin menerapkan suatu teknologi reproduksi pada tumbuhan. Rogu meninginginkan pemanfaatan air sebagai media tanam secara optimum dalam teknologi reproduksi yang ia terapkan. Tidak hanya itu, ia ...

Pembahasan Soal:

Hidroponik merupakan salah satu teknologi reproduksi pada tumbuhan. Pada hidroponik, penanaman tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam. Pada hidroponik, nutrien diperoleh dari air yang telah dicampur dengan pupuk organik yang mengandung unsur hara mikro dan makro. Umumnya tumbuhan yang ditanam dengan teknologi ini adalah sayuran dan buah-buahan. Kelebihan dari teknologi hidroponik yaitu kebersihan media tanam terjamin dan dapat diaplikasikan pada lahan yang terbatas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved