Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jenis tanaman apa saja yang dapat ditemukan di Indonesia ? Sebutkan dan jelaskan secara singkat !

Jenis tanaman apa saja yang dapat ditemukan di Indonesia ? Sebutkan dan jelaskan secara singkat !

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berikut beberapa jenis tanaman yang hanya dapat ditemukan di Indonesia, sebagai berikut : Damar (Kopal Keruling / Agathis Labillardien) ; tanaman ini berasal dari Papua dan salah satu pohon yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman ini bisa mencapai 60 meter dan berdiameter hingga 2 meter. Bagian damar yang biasanya digunakan adalah getahnya yang menjadi bahan baku beberapa industri. Durian (Durio Zibethinus) ; pusat pohon durian berada di pulau Kalimantan. Karena di pulau Kalimantan sajalah berbagai macam buah durian dapat ditemukan. Meskipun didaerah luar Kalimantan banyak terdapat pohon durian, tetapi tetap saja tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan. Enau (Arenga Pinnata) ; dikenal juga dengan pohon aren. Tanaman ini adalah tanaman serba guna. Dengan tinggi yang dapat mencapai 20 meter dan berdiameter hampir 50 sentimeter, tanaman ini adalah tanaman yang serba guna. Pelepah daun tanaman ini bisa digunakan sebagai ijuk. Dan hasil hasil utama yang diambil dari tanamanan ini adalah gula nya. Karena tanaman ini adalah tanaman penghasil gula. Mimba (Azadiracha Indica) ; ini termasuk tanaman tinggi yang batangnya bisa mencapai tinggi 20 meter dan bahkan lebih. Kulit batang tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan membentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing. Sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1cm. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Tembesu (Fagraea frarans) ; daerah penyebaran tanaman ini ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku dan Papua. Tingginya bisa mencapai 25 meter dan berdiameter 80 sentimeter dan berbatang tegak. Kayunya keras berwarna kuning emas tua atau coklat jingga dan termasuk ke dalam kelas awet satu.

Berikut beberapa jenis tanaman yang hanya dapat ditemukan di Indonesia, sebagai berikut :

  1. Damar (Kopal Keruling / Agathis Labillardien) ; tanaman ini berasal dari Papua dan salah satu pohon yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman ini bisa mencapai 60 meter dan berdiameter hingga 2 meter. Bagian damar yang biasanya digunakan adalah getahnya yang menjadi bahan baku beberapa industri.
  2. Durian (Durio Zibethinus) ; pusat pohon durian berada di pulau Kalimantan. Karena di pulau Kalimantan sajalah berbagai macam buah durian dapat ditemukan. Meskipun didaerah luar Kalimantan banyak terdapat pohon durian, tetapi tetap saja tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan.
  3. Enau (Arenga Pinnata) ; dikenal juga dengan pohon aren. Tanaman ini adalah tanaman serba guna. Dengan tinggi yang dapat mencapai 20 meter dan berdiameter hampir 50 sentimeter, tanaman ini adalah tanaman yang serba guna. Pelepah daun tanaman ini bisa digunakan sebagai ijuk. Dan hasil hasil utama yang diambil dari tanamanan ini adalah gula nya. Karena tanaman ini adalah tanaman penghasil gula.
  4. Mimba (Azadiracha Indica) ; ini termasuk tanaman tinggi yang batangnya bisa mencapai tinggi 20 meter dan bahkan lebih. Kulit batang tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan membentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing. Sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1cm. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati.
  5. Tembesu (Fagraea frarans) ; daerah penyebaran tanaman ini ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku dan Papua. Tingginya bisa mencapai 25 meter dan berdiameter 80 sentimeter dan berbatang tegak. Kayunya keras berwarna kuning emas tua atau coklat jingga dan termasuk ke dalam kelas awet satu.

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tulis dan berilah contoh tanaman yang termasuk dalam tanaman hortikultura.

337

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia