Roboguru

Jenis tanah longsor yang lebih sering terjadi pada lereng dengan kemiringan 200 – 400 dan kecepatan gerakannya mencapai 25 m / menit adalah tanah longsor ...

Pertanyaan

Jenis tanah longsor yang lebih sering terjadi pada lereng dengan kemiringan 200 – 400 dan kecepatan gerakannya mencapai 25 m / menit adalah tanah longsor ...

  1. Rayapan

  2. Luncuran

  3. Jatuhan

  4. Runtuhan

  5. Aliran

Pembahasan Soal:

Longsor adalah  suatu proses kejadian geologi yang terjadi karena pergerakan massa batuan atau massa tanah yang memiliki berbagai tipe dan jenis. Berdasarkan gerakannya, longsor terbagi menjadi kedalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Rayapan. Longsor rayapan adalah gerakan massa tanah atau massa batuan yang bergerak dengan kecepatan lambat. Kecepatan gerakannya adalah  kurang dari 1 space bevelled meter over tahun. Terjadi pada lereng yang memiliki kemiringan antara 10 degree space sampai space 20 degree.
  2. Luncuran. Longsor luncuran adalah longsor yang  terjadi pada lereng yang memiliki kemiringan bold 20 bold degree bold space bold sampai bold space bold 40 bold degree. Kecepatan gerakan longsor luncuran dapat mencapai bold 25 bold space bevelled bold meter over bold menit.
  3. Jatuhan. Longsor jatuhan adalah longsor yang terjadi pada tebing yang memiliki kemiringan 40 degree.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved