Roboguru

Jenis tanah di daerah pegunungan kapur yang banyak...

Jenis tanah di daerah pegunungan kapur yang banyak ditumbuhi tanaman jati adalah....

  1. tanah aluvial

  2. tanah organosol

  3. tanah podsolik

  4. tanah terarosa

  5. tanah laterit

Jawaban:

  • Aluvial adalah jenis tanah yang terbentuk karena endapan. Daerah endapan terjadi di sungai, danau yang berada di dataran rendah, ataupun cekungan yang memungkin kan terjadinya endapan.
  • Tanah organosol merupakan tanah yang proses pembentukannya dari hasil pembusukkan bahan- bahan organik. Tanh organosol ini biasanya dapat kita temui di daerah rawa atau di tempat- tempat yang selalu tergenang oleh air. Kita dapat membayangkan bahwasannya tanah organosol ini merupakan tanah yang sangat lembab bahkan bisa dikatakan becek karena keberadaannya di sekitar lingkungan berair.
  • Tanah podzolik adalah tanah yang terbentuk di daerah yang memiliki curah hujan tinggi dan suhu udara rendah. Di Indonesia jenis tanah ini terdapat di daerah pegunungan. Umumnya, tanah ini berada di daerah yang memiliki iklim basah dengan curah hujan lebih dari 2500 mm per tahun.
  • Tanah terrarosa adalah terbentuk dari hasil pelapukan batuan kapur. banyak terdapat di daerah dolina. merupakan tanah pertanian yang subur di daerah batuan kapur dan sedikit mengandung bahan organik.
  • Tanah laterit juga disebut tanah merah, adalah jenis tanah tidak subur yang tadinya subur dan kaya akan unsur hara, namun unsur hara tersebut hilang karena larut dibawa oleh air hujan yang tinggi.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jenis tanah di pegunungan kapur adalah tanah terarosa.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved