Roboguru

Pertanyaan

Jenis sifat materi apakah yang pada hakikatnya dipelajari ilmu kimia?

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ilmu kimia pada hakikatnya mempelajari apa, bagaimana, atau mengapa materi tersusun dari komponen­-komponen, struktur, sifat, dan dapat mengalami perubahan, baik secara fisika maupun kimia yang dalam perubahannya selalu diikuti dengan pembebasan ataupun penyerapan energi.  Jenis sifat materi yang pada hakikatnya dipelajari ilmu kimia adalah sifat fisika dan sifat kimia materi.

Pembahasan

Jenis sifat materi yang pada hakikatnya dipelajari ilmu kimia adalah sifat fisika dan sifat kimia materi.

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dari skala atom hingga molekul dan perubahan energi yang menyertai suatu perubahan materi atau zat. Oleh karena itu, ilmu kimia fokus membahas tentang materi dan perubahan yang menyertainya. Pada hakikatnya sifat materi yang dimaksud adalah:

Susunan materi adalah istilah yang mencakup komponen-komponen yang membentuk materi lengkap dengan perbandingan pada tiap komponen tersebut.

Struktur materi adalah istilah yang mencakup bentuk atau struktur dari partikel-partikel penyusun suatu materi, termasuk juga bagaimana atom-atom tersusun dan berikatan satu sama lain dalam suatu materi.

Sifat materi diartikan sebagai istilah yang mencakup pada sifat fisis yakni wujud dan penampilan serta sifat kimia dari suatu materi. Sifat ini sendiri dipengaruhi sejumlah hal seperti susunan serta struktur materi.

Perubahan materi sering disertai energi dalam jumlah yang cukup besar sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi. Perubahan materi terdiri dari dua jenis, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.

Jadi, ilmu kimia pada hakikatnya mempelajari apa, bagaimana, atau mengapa materi tersusun dari komponen­-komponen, struktur, sifat, dan dapat mengalami perubahan, baik secara fisika maupun kimia yang dalam perubahannya selalu diikuti dengan pembebasan ataupun penyerapan energi.  Jenis sifat materi yang pada hakikatnya dipelajari ilmu kimia adalah sifat fisika dan sifat kimia materi.

16

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Identifikasi suatu unsur dapat dilakukan melalui pengamatan fisis maupun kimia. Berikut yang bukan merupakan pengamatan kimia adalah ....

635

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia